J-31 versi kapal induk dijadwalkan terbang perdana tahun depan

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – China diberitakan sedang menyiapkan penerbangan perdana jet tempur siluman versi kapal induk tahun depan. Saat ini tim dari China Aero-Polytechnology Establishment, bagian Aviation Industry Corporation of China (AVIC), masih melakukan pekerjaan-pekerjaan menuju hal itu di tengah pandemi virus corona.

Seperti diberitakan oleh Global Times, sejumlah perusahaan lain juga terlibat dalam pekerjaan ini, seperti Shenyang Aircraft Design and Research Institute dan No.29 Research Institute, bagian dari China Electronics Technology Group Corporation (CETC).

Sumber industri militer tidak menyebutkan pesawat apa yang akan melakukan penerbangan perdana tahun depan itu.

Namun, banyak yang menduga bila yang dimaksud adalah J-31 (FC-31) Grylfalcon yang dikembangkan oleh pabrik Shenyang.

Sebelum ini, Shenyang telah membuat J-15 Flying Shark yang sudah melaksanakan latihan penerbangan di dua kapal induk milik China.

Shenyang FC-31 atau J-31 atau J-35, merupakan jet tempur generasi kelima yang dikembangkan China untuk menandingi  F-35 Lightning II dari Amerika Serikat.

Seperti diketahui, selain dibuat untuk Angkatan Udara, F-35 dibuat untuk versi kapal induk, yaitu F-35B (Korps Marinir) dan F-35C (US Navy).

Prototipe J-31 (F-60) untuk Angkatan Udara Tentara Pembebasan Rakyat (PLAAF) telah terbang perdana pada 31 Oktober 2012.

Dua tahun kemudian, pesawat ini diperlihatkan kepada publik pada Airshow China, November 2014.

Roni Sontani

One Reply to “J-31 versi kapal induk dijadwalkan terbang perdana tahun depan”

  1. Tak ada yg menang atau kalah, baik cina atau as. tapi yg hancur so pasti negara2 sekitar laut cina selatan.😁

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *