Mulai 1 Januari 2024, Norwegia mengizinkan penjualan senjata langsung ke Ukraina

NASAMSNorwegian MoD
ROE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Pemerintah Norwegia telah mengizinkan penjualan langsung senjata dan peralatan pertahanan dari industri pertahanan nasionalnya ke Ukraina.

Keputusan ini mulai berlaku sejak 1 Januari 2024, menandai langkah penting dalam upaya Norwegia memperkuat pertahanan Ukraina untuk berperang melawan Rusia.

Boeing_contoh2

Menurut pernyataan resmi pemerintah Norwegia, tindakan ini didorong oleh kebutuhan untuk meningkatkan keamanan baik bagi Norwegia maupun kawasan Eropa yang lebih luas.

Berdasarkan kebijakan baru ini, penjualan langsung produk senjata dan pertahanan Norwegia ke Ukraina akan diizinkan, asalkan produk tersebut memenuhi kriteria ketat untuk kebutuhan yang terverifikasi dan kontrol pengguna akhir, Army Recognition mewartakan (2/1).

Kementerian Luar Negeri Norwegia mengklarifikasi bahwa izin ekspor untuk penjualan langsung ini akan dikeluarkan berdasarkan kasus per kasus, setelah melakukan penilaian menyeluruh untuk memastikan kepatuhan terhadap peraturan kontrol ekspor Norwegia yang ketat.

Semenjak pecah perang Rusia dengan Ukraina, Norwegia telah memainkan peran penting dalam mendukung Ukraina dengan menyediakan sejumlah besar peralatan militer dan pertahanan.

Di antara yang paling signifikan, Norwegia telah mengirimkan sistem rudal permukaan ke udara NASAMS ke Ukraina.

Norwegia juga telah menyumbangkan sistem peluncur roket multilaras M270B1, lalu Tank Tempur Utama Leopard 2A4, serta sistem rudal antipesawat Mistral 2 MANPADS.

-RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *