Setelah menyelesaikan pelatihan dasar di Inggris, pilot Ukraina mulai terbangkan jet tempur F-16 di Denmark

F-16 DenmarkIstimewa

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Kementerian Pertahanan Inggris pada 26 Desember 2023 melaporkan bahwa pilot Ukraina secara aktif berpartisipasi dalam program pelatihan lanjutan di Denmark untuk mengoperasikan jet tempur F-16. Hal ini menyusul selesainya program pelatihan dasar di Inggris.

Pelatihan ini merupakan bagian penting dari upaya koalisi yang dipelopori oleh anggota NATO Denmark dan Belanda, untuk meningkatkan kemampuan angkatan udara Ukraina bertempur melawan Rusia.

Disampaikan, program pelatihan yang dimulai pada Agustus 2023 ini melibatkan 16 pilot Ukraina yang awalnya menerima pengajaran bahasa Inggris khusus penerbangan, yang difasilitasi oleh Angkatan Udara Inggris (RAF).

Pelatihan dasar ini sangat penting untuk mempersiapkan percontohan menghadapi tahap pelatihan lebih lanjut dan untuk memastikan komunikasi yang efektif dalam koalisi internasional.

Setelah menyelesaikan pelatihan bahasa dan penerbangan dasar di Inggris, pilot melanjutkan ke Denmark untuk pelatihan khusus menggunakan F-16.

Fase ini penting karena mencakup pembelajaran komprehensif tentang aspek operasional jet tempur F-16.

Program pelatihan tidak hanya terbatas pada pilot, tapi melibatkan juga banyak teknisi pesawat Ukraina untuk menerima pelatihan bahasa Inggris khusus yang disesuaikan dengan bidang teknik serta keterampilan penting untuk memelihara dan mendukung jet F-16.

Setelah fase pelatihan di Denmark selesai, nantinya, para pilot Ukraina akan bertempur menggunakan jet F-16 yang disediakan oleh Belanda.

Seperti diketahui, pada 22 Desember 2023, Belanda mengonfirmasi untuk pengiriman 18 unit F-16 ke Ukraina.

Model pesawat tempur F-16 yang digunakan oleh Angkatan Udara Belanda adalah versi F-16AM/BM Block 15, varian upgrade yang telah dilengkapi avionik canggih.

F-16AM, versi satu kursi, dan F-16BM, versi dua kursi, juga mengalami peningkatan kemampuan persenjataan, termasuk membawa rudal udara ke udara, rudal udara ke darat dan amunisi berpemandu presisi, menjadikannya tangguh untuk bertempur dan menyerang sasaran darat dengan akurasi tinggi.

-RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *