Slovenia menerima pesawat C-27J Spartan pertamanya, dilengkapi berbagai modul untuk beragam misi

C-27 SpartanLeonardo

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Angkatan Bersenjata Slovenia pada 20 Desember 2023 telah menerima pesawat angkut pertama dari dua C-27J Spartan yang dipesan. baru diperoleh pada 20 Desember 2023.

Pesawat akan digunakan untuk meningkatkan efektivitas militer dalam berbagai misi termasuk pengangkutan udara, operasi parasut, dan pemadaman kebakaran.

Biaya untuk mendapatkan pesawat C-27J pertama mencakup sertifikasi, standar MEDEVAC, modul khusus, dekontaminasi biologis, perlindungan balistik, garansi dua tahun, dan lainnya sebesar 48,9 juta euro (52,3 jutaUSD) belum termasuk PPN.

Meskipun ada jeda dua tahun sejak perjanjian implementasi awal ditandatangani untuk pesawat angkut taktis C-27J Spartan pertama, negosiator berhasil mendapatkan pengurangan biaya hampir 3,5 juta USD untuk pesawat kedua dengan konfigurasi yang sama dengan biaya 45,4 juta USD belum termasuk PPN.

Akuisisi pesawat C-27J Spartan dari Leonardo, Italia merupakan respons terhadap kesenjangan yang teridentifikasi dalam kapasitas pengangkutan udara taktis Slovenia, khususnya selama pandemi COVID-19, menurut rilis dari Komando Udara Sekutu NATO.

Upacara penerimaan C-27J pertama dilaksanakan di pangkalan udara Cerklje ob Krki di Slovenia.

Pesawat C-27J Spartan sudah digunakan oleh beberapa sekutu dan mitra Slovenia, termasuk Bulgaria, Yunani, Italia, Lituania, Rumania, dan Slovakia.

-JDN-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *