India berhasil menguji sistem rudal pertahanan udara Akash buatan dalam negeri, hancurkan 4 sasaran secara bersamaan

AkashWikipedia
ROE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Dalam sebuah latihan militer, sistem rudal pertahanan udara Akash buatan dalam negeri India berhasil menghancurkan empat sasaran wahana tak berawak sekaligus secara bersamaan pada jarak 25 km.

India telah menjadi negara pertama yang menunjukkan kemampuan menyerang empat sasaran secara bersamaan pada jarak tersebut dengan panduan komando menggunakan satu unit penembakan, The Hindu mewartakan pada 17 Desember.

Demonstrasi tersebut dilakukan oleh Angkatan Udara India (IAF) selama Astrashakti 2023 di Stasiun Angkatan Udara Suryalanka pada 12 Desember lalu.

Unit penembakan Akash dikerahkan dengan Firing Level Radar (FLR), Firing Control Center (FCC), dan dua peluncur Akash Air Force Launcher (AAFL) yang memiliki lima rudal bersenjata.

Dua rudal Akash diluncurkan dari dua peluncur dan peluncur yang sama ditugaskan untuk dua target berikutnya.

Sebanyak empat rudal diluncurkan dalam rentang pendek dan keempat target berhasil dihancurkan.

Sistem Senjata Akash ini dirancang dan dikembangkan secara lokal oleh Organisasi Penelitian dan Pengembangan Pertahanan (DRDO) dan diproduksi oleh unit sektor publik pertahanan bersama dengan industri lainnya.

Sistem rudal Akash telah dikerahkan oleh Angkatan Udara India dan Angkatan Darat India selama dekade terakhir.

Disebutkan, sistem senjata Akash juga merupakan salah satu sistem pertahanan dalam negeri yang telah mendapat pesanan dari pelanggan internasional.

Mereka berharap sistem rudal pertahanan udara ini mendapatkan lebih banyak pesanan, terutama dari kawasan Asia Tenggara dan Timur Tengah.

-RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *