Tangkal serangan drone kamikaze, penyembur api TOS-1A Rusia kini dilengkapi teknologi jamming canggih dan sangkar baja

TOS-1A FlamethrowerVK

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Sistem penyembur api TOS-1A milik Angkatan Bersenjata Rusia kini dilengkapi perangkat tambahan dalam penempatannya di Ukraina.

Sistem perlindungan tambahan tersebut termasuk pemasangan stasiun pengacau P-377UVM1L Lesochek.

Sistem tersebut dirancang khusus untuk menangkal serangan yang ditimbulkan oleh drone kamikaze maupun drone First-Person View (FPV).

Sistem Lesochek menggunakan teknologi canggih yang secara efektif dapat mengganggu saluran navigasi dan geoposisi drone musuh.

Sistem ini dapat menciptakan blokade informasi pada jarak hingga 100 m secara horizontal dan 200 m secara vertikal.

Lasochek memainkan peran penting dalam menjaga formasi tempur unit militer ofensif dan defensif, seperti diwartakan Army Recognition (17/12).

Perlindungan lain yang juga melengkapi TOS-1A adalah sangkar kawat baja di sekitar stasiun peluncur roketnya.

Rusia sebelumnya telah melengkapi sarang baja antidrone terhadap tank tempur utamanya dan kendaraan peluncur roket multilarasnya.

Kini sistem Flamethrower TOS-1A yang merupakan kendaraan perang (MITRL) Multiple Incendiary Thermobaric Rocket Launcher juga mendapatkan perlindungan serupa.

Sangkar baja atau istilah populernya Cope Cage adalah jenis struktur pelindung terbuat dari kisi-kisi atau layar logam yang menjadikan penghalang fisik terhadap serangan drone dari atas.

Perangkat tambahan ini terbukti efektif selama digunakan di medan perang Ukraina.

-RBS/JDN-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *