Angkatan Udara Republik Dominika selesai merakit dua TP-75 Dulus pertama, merupakan pesawat replika dari EMB 312 Tucano

Dulus TP-75 Tucano-RFARD

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Angkatan Udara Republik Dominika (Fuerza Aérea de República Dominicana/FARD) telah memulai perakitan 10 unit pesawat TP-75 Dulus secara lokal.

TP-75 tak lain merupakan sebutan untuk pesawat rakitan (kitplane) yang ditawarkan oleh Flying Legend Company (FLC) dari Italia. Pesawat ini disebut juga sebagai Tucano-Replica (Tucano-R).

Secara desain dan tampilan TP-75 memang terlihat persis seperti versi mini dari Embraer EMB 312 Tucano buatan Brasil.

FARD akan menggunakan pesawat ringan ini untuk misi pelatihan dan pengintaian, seperti diwartakan Scramble Magazine (18/12).

Pekan lalu, dua TP-75 rakitan lokal pertama mulai dikirim ke FARD dan akan disusul delapan pesawat lainnya.

Kedua pesawat tersebut secara resmi diserahkan kepada Presiden Republik Dominika di pangkalan udara San Isidro, sebelah timur ibu kota Santo Domingo pada 9 Desember 2023.

Dilaporkan, waktu perakitan satu pesawat memakan waktu sekitar 2.000 jam kerja.

TP-75 Dulus adalah pesawat berkonstruksi logam dengan kursi tandem serta roda pendaratan yang dapat ditarik ke dalam badan pesawat.

Versi yang dipilih FARD menggunakan mesin Rotax 915 iS turbocharged dengan baling-baling empat bilah, yang memungkinkannya mencapai kecepatan 287 km/jam serta jangkauan maksimum 1.166 km.

Nantinya, kesepuluh TP-75 akan melengkapi pesawat latih ENAER T-35 Pillan buatan Chili, yang hanya tersisa tiga dalam layanan aktif di FARD saat ini.

-RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *