Angkatan Bersenjata Ukraina menerima drone LUNA NG dari Jerman, mampu mengudara hingga 12 jam

LUNA NGRheinmetall

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Angkatan Bersenjata Ukraina dilaporkan telah menerima drone LUNA NG (Next Generation) dari Jerman. Drone akan digunakan untuk melakukan pengintaian terhadap pasukan Rusia.

Pengiriman drone LUNA NG merupakan bagian dari paket bantuan militer dari Pemerintah Federal Jerman yang diumumkan pada bulan Agustus lalu, media melaporkan pada 8 Desember.

Drone LUNA NG dikembangkan oleh EMT Penzberg, Jerman. Pada November 2021, perusahaan tersebut diambil alih oleh Rheinmetall.

Menurut pabrikannya, kendaraan udara tak berawak yang memiliki dengan lebar sayap 5,4 m dan berat lepas landas maksimal 100 kg ini mampu bertahan di udara hingga 12 jam.

Keseluruhan sistem drone ini terdiri dari stasiun bumi, ketapel peluncuran, peralatan jaring pengaman untuk pendaratan, dan drone pengintai tersebut.

Sistem ini memiliki jangkauan datalink hingga 300 km bila dilengkapi dengan peralatan StaCom opsional. LUNA NG memiliki kemampuan pengintaian hingga beberapa ratus kilometer.

Menurut laporan pers, paket untuk Ukraina dengan nilai dua digit juta euro juga mencakup peralatan, peralatan dan suku cadang untuk perbaikan.

-JDN-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *