Kerja sama militer lagi mesra, Belgia borong sistem mortir bergerak MEPAC 120 mm dan CAESAR NG 155 mm SPH dari Prancis

MEPAC dan CAESAR NG_ Airspace ReviewFrench MoD

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Menteri Pertahanan Belgia Ludivine Dedonder pada 8 Desember menyatakan telah menyetujui pembelian serangkaian sistem artileri dari Prancis untuk meningkatkan kemampuan operasional tentara Belgia.

Dua sistem senjata tersebut adalah MEPAC, sistem mortir bergerak yang didasarkan pada kendaraan lapis baja Grifon 6×6, serta sistem artileri medan mobile CAESAR NH 155 SPH.

Sebanyak 24 kendaraan mortir MEPAC akan diakuisisi oleh Belgia dan akan menggantikan baterai mortir 120 mm yang diderek oleh kendaraan lapis baja Dingo 4×4.

Dikutip dari Army Recognition (8/12), MEPAC merupakan kendaraan segala medan yang kuat, terlindungi dengan baik, dengan berat 24,5 ton dan memiliki empat awak.

Dibekali sistem mortir semi otomatis 120 mm yang ditempatkan di bagian belakang kendaraan dan menara yang dioperasikan dari jarak jauh untuk persenjataan 7,62 mm di atap depannya.

Kekuatan MEPAC mencakup pengerahan dukungan tembakan artileri yang cepat, presisi dan laju tembakan yang tinggi, peningkatan perlindungan awak, dan mobilitasnya yang tinggi.

Kementerian Pertahanan Belgia juga telah menyetujui pembelian tambahan 19 sistem self-propelled howitzer (SPH) CAESAR NG (Next Generation) 155 mm.

Sebelumnya pada tahun 2022, Belgia telah melakukan pembelian sembilan (9) sistem artileri presisi jarak jauh CAESAR NG, yang dijadwalkan untuk dikirimkan pada tahun 2027.

Dengan pengadaan tambahan ini, jumlah sistem CAESAR NG di angkatan bersenjata Belgia menjadi 28 unit. Nantinya terdiri dari 24 unit operasional dan 4 unit untuk pelatihan militer.

CAESAR NG ini masih mempertahankan meriam kaliber 155 mm/52 yang sama milik CAESAR lama. Senjata ini memiliki jangkauan maksimum 40 km dengan menggunakan amunisi standar.

Desain truk 6X6 CAESAR NG berpenampilan baru, namun masih mempertahankan tata letak aslinya.

Peningkatan penting adalah integrasi mesin bertenaga 460 hp, peningkatan substansial dari mesin 260 hp yang digunakan pada model sebelumnya.

Sistem armor baru pada CAESAR NG, memberikan peningkatan ketahanan terhadap tembakan senjata ringan dan dampak ledakan ranjau darat dan IED (Improvised Explosive Devices).

Fitur unggulan lainnya pada CAESAR NG termasuk perangkat lunak kontrol penembakan yang canggih, sistem komunikasi radio CONTACT, dan sistem gangguan komunikasi BARAGE.

-RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *