Rusia gunakan kendaraan darat tak berawak di Ukraina untuk mengevakuasi pasukan yang terluka

Russian UGV in UkraineTelegram
ROE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Pasukan Rusia menggunakan Kendaraan Darat Tak Berawak (UGV) untuk mengevakuasi korban terluka di Ukraina. Foto-foto mengenai hal ini diunggah oleh sumber-sumber Rusia di saluran Telegram.

Dalam salah satu foto terlihat sebuah UGV dengan sistem rantai gandanya bermanuver melalui garis depan yang berlumpur. Dalam kendaraan itu terdapat tandu yang membawa seorang prajurit yang terluka dengan kaki kiri yang patah.

Airbus_contoh2

Meskipun lokasi spesifik dari foto tersebut tidak dijelaskan, banyak sumber AS menyatakan bahwa UGV itu berasal dari Resimen Senapan ke-87, yang saat ini berlokasi di wilayah Avdiivka, tulis Bulgarian Military.

Berdasarkan informasi tersebut dapat diasumsikan bahwa foto itu mungkin diambil saat seorang tentara Rusia yang terluka dievakuasi dari garis depan di Avdiivka.

Tidak ada data lain mengenai kendaraan robot tersebut dan kapan UGV ini mulai digunakan untuk evakuasi korban di medan perang Ukraina.

Namun UGV tersebut dinilai sangat mirip dengan robot THeMIS Estonia. Tahun lalu, Estonia memberikan robot semacam itu sebagai sumbangan ke Ukraina.

Hal ini mendorong Rusia untuk menawarkan hadiah kepada setiap tentara Rusia yang dapat menangkap THeMIS tanpa kerusakan.

Meski demikian, kemiripan antara robot itu dengan THeMIS ada juga yang meragukan karena THeMIS umumnya menggunakan sasis yang lebih tinggi dan bodi yang lebih ramping dibandingkan varian tersebut.

Robot interpretasi Rusia dilengkapi dengan sistem peperangan elektronik, yang dirancang untuk memberikan perlindungan terhadap drone FPV.

Perangkat perang elektronik mirip dengan Volnorez EW milik Rusia yang saat ini ditempelkan pada tank Rusia.

-JDN-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *