Armada F-15E USAF di RAF Lakenheath Inggris mendapatkan penggantian radar dari APG-70 ke APG-82(V)1

USAF F-15E Strike Eagle at RAF Lakenheath_2RAF Lakenheath
ROE

AIRSPACE REVIEW – Modernisasi armada F-15E Strike Eagle Angkatan Udara AS (USAF) di RAF Lakenheath, Inggris dilaksanakan dengan mengganti radar lama APG-70 ke radar Active Electronically Scanned Array (AESA) yang canggih, APG-82(V)1.

Pengerjaan penggantian radar dilaksanakan oleh Wing Tempur ke-48 di RAF Lakenheath. Hal ini menandai transisi Enhanced Aircraft Radar Test Station (EARTS) di mana sistem pemeliharaan radar lama APG-70 akan dihapuskan secara bertahap di wing tersebut mulai bulan ini, tulis USAF dalam rilisnya.

Boeing_contoh2

EARTS telah berfungsi sebagai fasilitas perbaikan utama untuk Line Replacement Units (LRU) radar F-15E di USAF sejak tahun 2021.

Untuk misi yang tak terhitung jumlahnya, komponen penting ini dipastikan berfungsi dengan sempurna dalam memberikan informasi target penting ke komputer pusat F-15E dan bertindak sebagai ‘mata elang’ bagi pilot yang terlibat dalam pertempuran jarak dekat.

Dibandingkan dengan APG-70 yang dipindai secara mekanis, sistem radar AESA APG-82(V)1 menawarkan fungsi pelacakan, deteksi, dan identifikasi yang unggul pada jarak yang lebih jauh. Desain APG-82(V)1 menggabungkan fungsionalitas yang telah terbukti dari sistem radar AESA yang saat ini digunakan.

Antena dan catu daya pada radar APG-82(V)1 sama dengan yang digunakan pada program F-15C APG-63(V)3. Demikian pula, penerima/penggerak radar dan Prosesor Sensor Terintegrasi Umum memanfaatkan teknologi sukses di balik sistem AESA APG-79 pada F/A-18E/F. (RNS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *