Angkatan Darat Spanyol akan mendapatkan VAC sebagai pengganti M113A2 TOA: Dibangun berdasarkan platform ASCOD yang ditingkatkan

VACP. Valpolini/EDR
ROE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Kementerian Pertahanan Spanyol berencana untuk mengakuisisi Kendaraan Pendukung Roda Rantai (Vehículo de Apoyo de Cadenas/VAC) pada Desember 2023 ini.

Hal itu diungkapkan Kolonel Antonio Llorens Perez, Ketua Program VAC di Direktorat Kementerian Pertahanan Spanyol, dalam sebuah acara di London pada 13-15 November lalu.

Airbus_contoh2

VAC dibangun berdasarkan platform ASCOD yang ditingkatkan. Kendaraan ini akan diproduksi oleh konsorsium TESS yang terdiri dari perusahaan Escribano Mechanical & Engineering, GDELS Santa Barbara Sistemas, Indra, dan SAPA.

Prototipe VAC sendiri telah diperkenalkan pertama kali dalam gelaran FEINDEF pada bulan Mei 2023 di Madrid, Spanyol.

Program VAC menelan biaya 1,97 miliar euro. VAC gelombang pertama dijadwalkan mulai beroperasi pada tahun 2027. Pengiriman akan dilaksanakan selama sembilan tahun, seperti diwartakan EDR On-Line.

Seperti diketahui, Angkatan Darat Spanyol berencana mengganti seluruh pengangkut personel lapis baja (APC) M113A2 TOA miliknya yang sudah tua.

VAC yang berbobot 42-45 ton ini mendapatkan peningkatan yang jauh lebih mumpuni dalam hal mobilitas, perlindungan, dan muatannya dibandingkan M113A2 TOA.

VAC akan dikembangkan dalam berbagai konfigurasi. Yang utama adalah Pengangkut Personel Lapis Baja (APC), lalu pengusung mortir 120 mm, Combat Engineer, hingga ambulans.

-RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *