AS sumbangkan 24 Puma APC untuk mendukung pasukan sekutu di Somalia

Rantis Puma 4X4 APCUS Army
ROE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Amerika Serikat menyerahkan 24 unit kendaraan lapis baja pengangkut personel (APC) Puma 4X4 kepada African Union Transition Mission in Somalia (ATMIS) di Markas Besar ATMIS.

Penyerahan dipimpin oleh Mayjen Jami Shawley, Komandan Joint Task Force-Horn of Africa (CJTF-HOA) saat mengunjungi mitra asingnya di Mogadishu, Somalia pada 3 Agustus 2022.

Donasi dari AS ini akan membantu meningkatkan kemampuan ATMIS dalam memerangi terorisme dan mereka yang berusaha merusak keamanan dan stabilitas Somalia.

AS berkomitmen untuk mendukung upaya Somalia untuk mengalahkan kelompok Al-Shabaab dan tetap bermitra dengan Djibouti untuk melawan ancaman teroris di Tanduk Afrika.

Puma 4X4 dapat digunakan untuk wahana transportasi prajurit dan patroli secara aman dari tembakan senapan ringan, ranjau dan bahan peledak buatan improvisasi (IED).

Mengenai Puma yang disumbangkan AS adalah versi M26-15. Keluarga Puma ini dirancang oleh OTT Technologies, sebuah perusahaan Afrika Selatan.

Keluarga Puma tergolong sebagai kendaraan MRAP (Mine-Resistant Ambush Protected) yang dirancang tahan terhadap ranjau dan IED.

Kendaraan berbobot delapan ton ini menggunakan driveline Tata 715TC 4X4 buatan Ceko. Memiliki kecepatan maksimum di jalan datar 80 km/jam.

Versi Puma APC dapat menampung 10 prajurit dengan rincian pengemudi dan komandan di depan, serta delapan pasukan bersenjata di kompartemen belakang.

Ditatapnya tersedia dua turret berawak yang dapat dipersenjatai dengan senapan mesin kaliber 7,62 mm atau 12,7 mm sebagai alat bertempur dan membela diri.

-RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *