Pesawat L-100-30 Hercules TNI AU dari Skadron Udara 31 dan 32 membawa bantuan kemanusiaan Indonesia untuk Palestina

Indonesia mengirimkan bantuan kemanusiaan untuk Palestina_ Airspace Review (1)TNI AU

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Indonesia mengrimikan bantuan kemanusiaan tahap pertama untuk Palestina menggunakan dua pesawat L-100-30 Hercules dari Skadron Udara 31 Lanud Halim Perdanakusuma dan Skadron Udara 32 Lanud Abdulrachman Saleh.

Kedua pesawat tersebut bernomor ekor A-1327 (Skadron Udara 31) dan A-1328 (Skadron Udara 32). Keduanya membawa total 26 ton dari 51,5 ton kargo bantuan kemanusiaan dari Indonesia yang akan dikirimkan untuk Palestina.

Upacara pemberangkatan kedua pesawat dilaksanakan pada Sabtu (4/11) pagi dari Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta dipimpin oleh Presiden RI Joko Widodo.

Kedua pesawat angkut tersebut lepas landas dari Lanud Halim Perdanakusuma pada pukul 8.30 WIB.

Penerbangan kedua pesawat dipimpin oleh Komandan Wing Udara 2 Lanud Abdurachman Saleh, Kolonel Pnb Subhan, yang bertindak sebagai Mission Commander.

Bantuan yang diangkut antara lain selimut, makanan, pakaian, perlengkapan bayi, dan berbagai kebutuhan mendesak lainnya.

Kedua pesawat C-130 Hercules terbang menuju Mesir untuk kemudian bantuan akan didistribusikan ke Jalur Gaza.

Kedua pesawat diperkirakan akan sampai di Mesir pada tanggal 6 November 2023 dengan menyinggahi beberapa tempat.

Rute penerbangan dalam misi kemanusiaan ini mencakup Lanud Halim Perdanakusuma (Jakarta) – Lanud Iskandar Muda Aceh – Yangon (Myanmar) – New Delhi (India) – Abu Dhabi (UEA) – Jeddah (Arab Saudi) – El Arish (Mesir).

-RNS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *