Angkatan Darat China terima panser IFV baru Type-19 8X8

Type-19Via David Wang/Nickatgreat1220

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Angkatan Darat Tentara Pembebasan Rakyat China (PLAGF) dilaporkan telah menerima kendaraan tempur infanteri (IFV) beroda jenis baru.

Belum lama ini, serangkaian foto yang menampilkan panser 8X8 ini muncul di media sosial, diunggah oleh akun X Nickatgreat1220. Dalam unggahan tersebut terlihat berjajar kendaraan tersebut di kawasan pabrik.

Panser baru ini diidentifikasi sebagai Type-19 yang dikembangkan berdasarkan ZBL-08 yang dirancang dan diproduksi oleh NORINCO.

Sesuatu yang baru pada Type-19 adalah turret tak berawak yang mengusung kanon otomatis kaliber 30 mm.

Selain itu, turret juga dilengkapi dengan senapan mesin koaksial 5,8 mm sebagai senjata sekunder dan juga peluncur peluru rusal antitank (ATGM).

Kemungkinan Type-19 masih menggunakan mesin serupa dengan ZBL-08 yakni Deutz BF6M1015C diesel 11.900 cc yang menghasilkan daya 440 hp.

Panser dengan jumlah tiga awak dan tujuh pasukan ini memiliki kecepatan maksimum kendaraan dijalan datar sekitar 100 km/jam dengan jangkauan operasi sejauh 800 km.

Selain untuk Angkatan Darat Tentara Pembebasan Rakyat Type-19 juga diperuntukkan bagi Korps Marinir Tentara Pembebasan Rakyat China.

-RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *