Bocor, uji darat pembom B-21 Raider tertangkap fotografer dan diunggah ke laman publik

B-21 Raider (1)

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Setelah selama ini dirahasiakan sejak peluncurannya pada 2 Desember 2022, foto-foto detail beresolusi tinggi pembom B-21 Raider akhirnya tersebar ke publik. Foto-foto itu merupakan hasil tangkapan fotografer.

Serangkaian foto memperlihatkan pembom B-21 diunggah ke portal Reddit. Jet pesawat siluman (stealth) ini sedang melakukan uji darat dan tak lama lagi segera melakukan uji penerbangan perdananya.

Pembom B-21 ini tengah melakukan evaluasi taksi darat, yang dilakukan di sekitar hanggar Pabrik 42 Northrop Grumman di Palmdale, California.

Foto ini diambil oleh seorang fotografer dengan inisial Mug of Fire pada tanggal 24 Oktober, sekitar pukul 16.30, di persimpangan jalan 40 dan utara, di dalam batas lahan pertanian, di luar pagar bandara.

Foto-foto beresolusi tinggi ini menggambarkan apa yang fotografer kategorikan sebagai dua tonjolan putih yang memanjang dari bagian atas mesin.

Kemungkinan merupakan saluran masuk udara tambahan yang dipicu karena pasokan udara yang tidak memadai ke mesin stasioner di darat.

Faktanya, B-2 Spirit juga memiliki pintu masuk tambahan yang, dikendalikan oleh komputer internal mesin, secara otomatis terbuka dari belakang ketika saluran masuk utama gagal menyediakan udara yang cukup untuk pengaturan tenaga mesin.

Jika pernyataan mengenai B-21 Raider benar, keberadaan pintu ganda dapat menyiratkan bahwa pembom strategis ini hanya ditenagai oleh dua mesin. Ini adalah perubahan nyata dari desain mesin empat pada B-2 Spirit.

Penerbangan perdana B-21 sendiri dijadwalkan dilakukan akhir tahun 2023 ini dan mulai beroperasi ditargetkan pada 2027.

Sebanyak 100 pesawat akan dimiliki Angkatan Udara AS yang akan menggantikan posisi pembom B-1B Lancer dan B-2 Spirit secara bertahap mulai tahun 2030-an.

-RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *