Angkatan Bersenjata Swedia menerima panser baru Patgb 300A dari Patria Finlandia

Patgb 300FMV
ROE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Administrasi Materiel Pertahanan Swedia (Försvarets Materielverk, FMV) menyerahkan panser 6X6 baru Pansarterrängbil 300 (Patgb 300A) kepada Angkatan Bersenjata Swedia.

Dalam sebuah upacara yang diadakan di Kvarn pada 26 Oktober, FMV menyerahkan gelombang awal sebanyak 20 kendaraan lapis baja versi pengangkut pasukan (APC).

Seperti diberitakan Sweden Posts, proyek akuisisi Patgb 300A mengalami percepatan. FMV menandatangani kontrak dengan perusahaan industri pertahanan Patria asal Finlandia untuk pengadaan ini pada April 2023.

Kontrak tersebut mencakup pengiriman 20 kendaraan pertama beserta material sistem, seperti suku cadang, unit pengganti, perlengkapan lapangan, publikasi teknis, dan paket pelatihan kepada Angkatan Bersenjata Swedia.

Beberapa faktor berkontribusi terhadap cepatnya proses perolehan panser 6X6 ini yakni Swedia telah mengikat bekerja sama dengan Finlandia dan Latvia dalam program yang disebut Common Armored Vehicle System (CAVS).

Program ini berfokus pada penelitian bersama, pengembangan, dan pengadaan kendaraan lapis baja generasi baru.

Faktor penting lainnya adalah kemitraan Finlandia-Swedia, dimana Angkatan Bersenjata Finlandia mengalokasikan slot time produksi mereka ke Swedia untuk pembuatan Patgb 300.

Panser APC segala medan yang dikirimkan pada tahap awal ini merupakan bagian dari pra-seri yang mendahului proyek pengadaan serial yang akan datang.

Pengadaan serial ini bertujuan untuk mengirimkan sekitar 350 kendaraan ke Angkatan Bersenjata Swedia antara tahun 2024 hingga 2033.

-RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *