Biden meminta Kongres AS memberikan 105 miliar USD untuk keamanan nasional, porsi terbesar untuk perang Ukraina dan Israel

Joe BidenAP
ROE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Presiden Amerika Serikat Joe Biden pada hari Jumat meminta Kongres AS hampir 106 miliar USD untuk mendanai rencana ambisius bagi Ukraina, Israel dan keamanan perbatasan AS.

Permintaan dana tersebut disampaikan oleh Biden beberapa hari setelah ia mengunjungi Israel dan menjanjikan solidaritas ketika negara tersebut membombardir Gaza menyusul serangan militan Hamas yang menewaskan 1.400 orang di Israel selatan.

Dengan mengelompokkan pendanaan Israel dengan Ukraina, keamanan perbatasan, bantuan pengungsi, serta langkah-langkah untuk melawan Tiongkok dan prioritas-prioritas lainnya, Biden yang didukung Partai Demokrat berharap dapat membuat rancangan undang-undang belanja keamanan nasional yang harus disetujui sehingga dapat memenangkan dukungan di Dewan Perwakilan Rakyat, tulis Reuters.

Menanggapi permintaan Biden, anggota Partai Republik yang menguasai parlemen semakin skeptis terhadap perlunya mendanai perang Ukraina dengan Rusia.

DPR AS bahwak mengancam akan menghentikan pemerintahan sama sekali untuk mengakhiri defisit anggaran kronis AS dan belanja fiskal yang dipicu oleh utang sebesar 31,4 triliun USD.

“Dunia sedang menyaksikan dan rakyat Amerika mengharapkan para pemimpin mereka bersatu dan mewujudkan prioritas ini,” kata Direktur Anggaran Biden, Shalanda Young, dalam suratnya kepada penjabat Ketua DPR Patrick McHenry.

“Saya mendesak Kongres untuk menangani masalah ini sebagai bagian dari perjanjian bipartisan yang komprehensif dalam beberapa minggu mendatang,” lanjut dia.

Dia juga mengatakan kepada Kongres tentang rencana untuk mengajukan permintaan pendanaan lain untuk menangani bencana alam, internet berkecepatan tinggi, penitipan anak, dan gaji petugas pemadam kebakaran hutan dalam beberapa hari mendatang.

Sekitar 14,3 miliar USD dari permintaan pendanaan hari Jumat untuk tahun fiskal 2024 akan didedikasikan untuk Israel, sebagian besar untuk mendukung sistem pertahanan udara dan rudal negara tersebut serta pembelian senjata lainnya.

Israel telah berjanji untuk memusnahkan Hamas, yang menguasai Gaza, setelah serangan kelompok militan Islam tersebut pada 7 Oktober.

Tawaran Jim Jordan dari Partai Republik konservatif garis keras untuk menjadi ketua Dewan Perwakilan Rakyat AS berakhir pada hari Jumat ketika rekan-rekannya dari Partai Republik mencabut dukungan mereka menyusul kegagalan pemungutan suara ketiga di DPR.

Partai Republik sekarang harus mencari kandidat baru, sehingga mempersulit upaya Biden untuk mendapatkan pendanaan.

Pemimpin Mayoritas Senat AS dari Partai Demokrat Chuck Schumer mengatakan dalam sebuah pernyataan pada hari Jumat bahwa dia akan mengambil tindakan cepat atas permintaan Biden.

“Undang-undang ini terlalu penting untuk menunggu DPR menyelesaikan kekacauannya.

Biden juga menginginkan lebih dari 9 miliar USD untuk bantuan kemanusiaan, termasuk untuk Israel dan Gaza, di mana penduduknya menghadapi krisis kemanusiaan yang semakin parah.

Proposal tersebut juga mencakup 13,6 miliar USD untuk keamanan perbatasan AS guna menangani sejumlah besar imigran Amerika Latin dan Karibia di perbatasan selatan serta perdagangan fentanil dan 4 miliar USD untuk bantuan militer dan pendanaan pemerintah yang dirancang untuk melawan upaya regional Tiongkok di Asia.

Pendanaan juga akan mendukung kemitraan keamanan AUKUS Pasifik antara Australia, Inggris, dan Amerika Serikat.

Namun bagian terbesar dari dana tunai, sebesar 61,4 miliar USD akan diberikan kepada Ukraina.

Dalam suratnya kepada Pembicara Pro Tempore Patrick McHenry, Direktur Kantor Manajemen dan Anggaran Shalanda Young menguraikan permintaan pendanaan, yang selain bantuan sebesar 61,4 miliar USD untuk Ukraina dan 14,3 miliar USD untuk Israel, juga mencakup 9,15 miliar USD dana untuk bantuan kemanusiaan. Kemudian sebanyak 7,4 miliar USD untuk pendanaan Taiwan dan kawasan Indo-Pasifik dan 13,6 miliar USD untuk mengatasi keamanan di perbatasan AS-Meksiko.

Permintaan tersebut mencakup miliaran dolar untuk melengkapi peralatan militer negara tersebut, dan akan memberikan bantuan ekonomi dan keamanan serta dukungan bagi pengungsi di Amerika Serikat.

Perang dengan Rusia sudah berlangsung selama 20 bulan dan Biden telah berjanji untuk mendukung Ukraina tanpa batas waktu.

-Poetra-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *