Varian terbaru Russian Helicopters Ka-226T Climber di MAKS-2021

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – JSC Russian Helicopters, bagian dari Rostec, menghadirkan helikopter Ka-226T Climber di MAKS-2021 International Aviation and Space Salon.

Helikopter ini merupakan varian terbaru dalam keluarga Ka-226. Pengunjung pertunjukan udara internasional dapat melihat prototipe yang sedang melakukan serangkaian penerbangan uji musim gugur ini.

Russian Helicopters mengatakan, Ka-226T Climber sangat ideal untuk terbang di daerah pegunungan.

Rotor koaksialnya memungkinkan kontrol yang mudah bahkan pada ketinggian tertinggi dengan udara yang tipis.

Ka-226T memiliki ketahanan tinggi terhadap angin samping yang kuat. Sesuai namanya, tingkat pendakian heli ini tinggi dan mudah melaksanakan lepas landas dan pendaratan di lokasi yang tinggi.

Ka-226T Climber juga memiliki kinerja yang baik dalam penerbangan di atas air. Heli bahkan dapat lepas landas dan mendarat di geladak kapal berukuran kecil.

Dengan tingkat getaran yang rendah, Ka-226T Climber merupakan helikopter ringan yang mudah dikendalikan.

“Heli ini mampu lepas landas dari dan mendarat di area kecil (misalnya, di kota). Dia dapat melayang yang dengan sangat stabil bahkan selama operasi dengan beban eksternal dan dapat dinaiki dengan aman saat rotor berputar,” ujar Russian Helicopters dalam pernyataannya.

Dibandingkan dengan model lama dalam keluarga Ka-226, Ka-226T Climber memiliki sejumlah fitur yang ditingkatkan secara signifikan.

Rangka yang didesain ulang menawarkan karakteristik aerodinamis yang mengesankan.

Badan pesawat dibuat dari bahan ringan modern. Kontrol penerbangan dan sistem tenaga telah mengalami modernisasi yang cukup besar. Sistem bahan bakar yang tahan benturan dan guncangan telah dipasang sesuai dengan standar keselamatan tertinggi.

Model ini juga dilengkapi tangki bahan bakar yang diperbesar dan pengisian bahan bakar terpusat.

Kemudian masih ada peralatan penerbangan dan navigasi baru serta peralatan komunikasi radio yang ditingkatkan.

Peningkatan secara signifikan

Dibandingkan dengan model sebelumnya, Ka-226T Climber menawarkan karakteristik kinerja penerbangan yang telah ditingkatkan secara signifikan. Antara lain kecepatan yang lebih tinggi, bobot yang lebih ringan saat kosong, dan jangkauan yang lebih luas.

Ka-226T juga dapat dioperasikan pada ketinggian hingga 6.500 meter (21.300 kaki).

Bila perlu, heli dapat dilengkapi dengan sistem oksigen, ballonet, serta sistem pendingin udara dan pemanas.

Produksi serial Ka-226T Climber direncanakan akan dimulai pada 2022 di Pabrik Penerbangan Ulan-Ude bekerja sama erat dengan Perusahaan Produksi Penerbangan Kumertau.

Model ini juga sedang dalam proses sertifikasi untuk transportasi penumpang.

Roni Sont

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *