Belanda segera kirimkan F-16-nya ke Rumania untuk diterbangkan oleh pilot Ukraina

F-16 BelandaRNLAF

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Belanda dalam waktu dekat akan mengirimkan 12-18 jet tempur F-16-nya ke Rumania. Kantor Berita Belanda ANP baru-baru ini mengutip pernyatan Menteri Pertahanan Belanda Kais Olengren yang mengumumkan rencana negara Kincir Angin tersebut.

Langkah ini merupakan bagian dari inisiatif yang lebih luas untuk melatih pilot Ukraina untuk menerbangkan jet tempur multiperan tersebut.

Seperti dijelaskan Olengren, pendirian pusat pelatihan pilot Ukraina di Rumania mengalami kemajuan yang stabil.

“Tujuan kami adalah menempatkan armada 12 hingga 18 pesawat di Rumania dalam beberapa minggu mendatang, sehingga pusat tersebut dapat mencapai kapasitas penuh,” ujarnya, Kamis (12/10).

Belanda, bersama Denmark dan beberapa negara Barat lainnya, saat ini terlibat dalam upaya aktif untuk melatih pilot Ukraina. Negara-negara ini juga memiliki rencana masa depan untuk mentransfer jet tempur tertentu ke Ukraina.

Sebelumnya, para pejabat Belanda telah menyatakan kesiapan untuk memindahkan hingga 24 jet tempur ke Ukraina, sisanya untuk tujuan pelatihan.

Seorang pilot Ukraina dengan nama julukan “Moonfish” yang telah menerbangkan F-16 mengatakan, pesawat ini akan mencapai kesiapan tempur dalam jangka waktu 6 hingga 8 bulan ke depan.

Dia menekankan bahwa kelompok peserta pelatihan seluruhnya terdiri dari pilot tempur Angkatan Udara Ukraina yang berpengalaman.

Pilot MiG-29 Ukraina yang beralih ke F-16 terlebih dahulu akan mendapatkan pelatihan menggunakan simulator. Setelah itu baru mereka menerbangkan pesawat tempur legendaris tersebut.

-RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *