Angkatan Udara Nigeria perkuat kemampuan ISR dan kargo dengan Airbus C295

C295 Angkatan Udara NigeriaAirbus DS
ROE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Angkatan Udara Nigeria (NAF) sedang dalam proses untuk mendapatkan dua pesawat C295 dari Airbus Defence and Space. Hal ini diungkapkan oleh Defense News Nigeria pada 27 September.

Kedua C295 dipesan dalam konfigurasi multiperan untuk menjalankan misi Intelijen, Pengawasan, dan Pengintaian (ISR) serta transportasi kargo.

Boeing_contoh2

Untuk misi ISR, pesawat ini dilengkapi dengan radar aperture sintetis, indikator target pergerakan darat, kamera inframerah, dan sistem intelijen elektronik.

Sementara dalam versi angkutnya, C295 merupakan pesawat kelas medium yang mampu mengangkut hingga 71 tentara atau 50 pasukan terjun payung.

Pesawat ini juga mampu melakukan evakuasi medis dan dapat beroperasi di landasan pendek yang tidak beraspal atau tanah keras.

Selain pengadaan C295, dalam beberapa tahun terakhir, Nigeria telah meningkatkan kapasitas udaranya secara signifikan.

Baru-baru ini Nigeria juga mengakuisisi jet tempur JF-17 Thunder dari Pakistan, helikopter bersenjata ringan AW109M Italia, helikopter serang Mi-35M Rusia, dan drone intai serang CH-3 dan CH-4 dari China.

Sebagai catatan, dalam Komunitas Ekonomi Negara-Negara Afrika Barat (ECOWAS), Nigeria diakui memiliki angkatan bersenjata yang paling kuat, termasuk untuk melakukan intervensi di Niger tetangganya.

-RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *