Marinir AS mengevaluasi kendaraan tempur robot Arion-SMET buatan Korea Selatan

Arion-SMETHanwha Defense
ROE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Perusahaan pertahanan Korea Selatan Hanwha Defense pekan lalu mengumumkan bahwa kendaraan tempur robotik ringan Arion-SMET miliknya akan menjalani uji lapangan di pusat pelatihan Korps Marinir AS (USMC).

Dalam siaran persnya Hanwha menyatakan telah menandatangani kontrak dengan Departemen Pertahanan AS untuk proyek Foreign Comparative Performance Test (FCT).

Boeing_contoh2

Disebutkan, uji utama Arion-SMET akan dilakukan di Pusat Pelatihan USMC di pulau O’ahu, Hawaii, selama tiga minggu mulai awal Desember 2023.

FCT adalah program yang dipromosikan oleh Departemen Pertahanan AS untuk mengevaluasi teknologi terbaik perusahaan pertahanan sekutu di seluruh dunia dan menghubungkannya dengan proyek pengembangan dan akuisisi yang dipromosikan oleh militer AS.

Pejabat pertahanan AS dikirim ke berbagai negara untuk mengevaluasi lebih dari 300 teknologi asing. Militer AS selanjutnya melakukan pemeriksaan dan akhirnya memilih 10 di antaranya untuk melanjutkan proyek tersebut.

Setelah evaluasi pengujian berhasil diselesaikan, Departemen Pertahanan AS memutuskan apakah akan melanjutkan proyek akuisisi terkait.

Dalam uji lapangan yang akan dilakukan di Pangkalan Korps Marinir AS di Hawaii tersebut, Arion-SMET bertugas mengangkut bahan bakar, makanan dan air, pasien, dan perbaikan suku cadang dari lokasi yang ditentukan ke jarak tertentu.

Melalui uji FCT, Hanwha Defense berencana memenuhi persyaratan Korps Marinir AS untuk kinerja kelas dunia, termasuk teknologi manufaktur kendaraan tak berawak dan teknologi perangkat lunak manuver otonom di lapangan.

Sebelumnya, Arion-SMET dipilih untuk proyek FCT oleh Departemen Pertahanan AS pada Oktober 2022 tahun lalu dan mulai mendemonstrasikan peralatan Pasukan AS di Korea di Camp Humphreys.

Ini adalah pertama kalinya kendaraan tak berawak militer yang dikembangkan Korea Selatan dipilih untuk tugas FCT.

Arion-SMET adalah akronim dari Autonomous and Robotic systems for Intelligence Off-road Navigation – Small Multi-purpose Equipment Transport.

Kendaraan seberat 2 ton ini merupakan kendaraan tak berawak multiguna 6×6 dengan kecepatan maksimum 43 km/jam, jangkauan 100km, dan membawa muatan 550 kg.

Arion-SMET dibangun terutama untuk mendukung operasi infanteri seperti mengangkut amunisi dan senjata, mengevakuasi yang terluka, pengintaian dan pengawasan yang dikendalikan dari jarak jauh atau otonom, dan dukungan pertempuran jarak dekat.

-RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *