AL Jerman Resmi Pilih NH90 Sea Lion Pengganti Westland Sea Lynx

AIRSPACE-REVIEW.com – Angkatan Laut (AL) Jerman menjatuhkan pilihan kepada helikopter NH90 Sea Lion guna menggantikan peran 21 heli lama yang sudah menua, yaitu Westland Mk 88A Sea Lynx ASW. Pengumuman disampaikan secara resmi pada Rabu, 31 Juli 2019.

Dengan dipilihnya NH90, maka heli buatan buatan NHIndustries ini berhasil menyingkirkan dua saingan terberatnya yaitu Lockheed Martin-Sikorsky MH-60R Seahawk dan Leonardo Helicopters AW159 Wildcat.

Namun, pemilihan NH90 oleh AL Jerman sebenarnya tidak terlalu mengagetkan. Pasalnya, Deutsche Marine sebelumnya juga telah memesan 18 heli ini untuk menggantikan peran heli SAR Westland Sea King 41.

NH90 pengganti Sea King 41 akan digunakan untuk heli angkut udara, intai maritim, hingga SAR. Heli akan diterima AL Jerman pada 2019-2022.

Dikutip dari NavyRecognition.com (1/8), pertimbangan lain yang mendasari Jerman memilih heli NH90, tidak lain adalah membeli tipe heli yang sama agar memudahkan proses transisi, penggunaan, dan pemeliharaannya.

Marine National

NH90 pilihal AL Jerman pengganti Sea Lynx merupakan varian MRFH (Multirole Frigate Helicopter) untuk fungsi antikapal selam. Jenis ini mirip dengan yang digunakan AL Perancis yaitu NH90 Caiman ASW.

Heli NH90 Sea Lion untuk Deutsche Marine akan diserahkan NHIndustries  dari fasilitas Airbus Helicopters di Donauworth, Jerman mulai 2025.

NHIndustries merupakan perusahaan patungan antara Airbus Helicopters dengan Leonardo Helicopters dan Fokker.

Dapat dikatakan, NH90 menghempaskan saudaranya sendiri yaitu AW159 yang dibuat di Yeovil, Inggris.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *