Maskapai Lion Group mengadopsi solusi Airbus Skywise Health Monitoring dan N-FP untuk efisiensi perawatan serta operasi penerbangan

Lion Air - Batik Air - Super Air Jet _ Airspace ReviewIstimewa

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Maskapai milik Lion Group yang terdiri dari Lion Air, Batik Air, dan Super Air Jet telah mengadopsi solusi Airbus Skywise Health Monitoring (SHM) dan NAVBLUE N-Flight Planning (N-FP) sebagai alat bantu pengelolaan kinerja armada.

Secara keseluruhan, sejumlah kontrak yang telah ditandatangani ini akan mencakup hingga 110 pesawat dari keluarga A320 dan A330.

Memanfaatkan teknologi cloud dan big data dari platform data penerbangan Skywise, SHM mengumpulkan dan memusatkan sistem peringatan kinerja pesawat secara real time, efek dek penerbangan (flight-deck effects), pesan perawatan (maintenance messages), dan lainnya.

Solusi ini memprioritaskan dan menghubungkan dengan prosedur pemecahan masalah yang relevan, menyoroti dampak operasional, dan menyediakan riwayat perawatan sistem. Solusi ini memungkinkan penanganan kejadian pada pesawat secara efektif, kata Airbus dalam rilisnya kepada Airspace Review.

Secara keseluruhan, SHM menghemat waktu bagi maskapai dan mengurangi biaya perawatan yang tidak terjadwal karena SHM memungkinkan maskapai mengambil keputusan yang berbasis data.

Sementara NAVBLUE menyediakan berbagai layanan penerbangan, termasuk charts navigasi, database navigasi Flight Management System (FMS), dan alat penghitung performa pesawat (Flysmart+).

Kini, layanan kepada ketiga maskapai tersebut telah diperluas dengan penambahan N-Flight Planning (N-FP), sebuah solusi lengkap untuk mengoptimalkan perencanaan penerbangan, sekaligus menawarkan kemudahan integrasi dengan sistem pihak ketiga.

Fitur otomatisasi dan peringatan berdasarkan kejadian pada pesawat dapat meningkatkan produktivitas dan memungkinkan diterapkannya pendekatan manajemen berdasarkan pengecualian (manage-by-exception).

Kontrak ini, lanjut Airbus, merupakan bukti dari pulihnya pasar penerbangan di Indonesia, yang juga menunjukkan kepercayaan penuh maskapai terhadap solusi digital Airbus.

“Kami berharap dapat terus mendukung pelanggan kami di Indonesia seiring dengan pertumbuhan mereka,” ujar Anand Stanley, Presiden Airbus Asia-Pacific.

-JDN-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *