Angkatan Bersenjata Rusia dapatkan tank T-80BVM Model 2023 yang ditingkatkan

T-80BVM Model 2023Istimewa
ROE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Angkatan Bersenjata Rusia baru-baru ini telah menerima Tank Tempur Utama (MBT) T-80BVM Model 2023 yang merupakan versi upgrade dari T-80BVM.

Peningkatan ini dipengaruhi oleh pengalaman tempur yang diperoleh selama perang yang terjadi di Ukraina.

Laporan dari sumber media sosial Rusia menunjukkan bahwa pabrikan Omsktransmash siap memproduksi sebanyak 152 tank T-80BVM Model 2023.

Disebutkan, 15 di antaranya telah dimuat ke platform transportasi, yang menunjukkan bahwa tank tersebut akan segera dikerahkan ke zona tempur aktif.

T-80BVM Model 2023 dilengkapi pelindung sangkar kawat yang diperkuat di bagian atas dan belakang turret dan lambung untuk meningkatkan perlindungan terhadap Granat Berpeluncur Roket (RPG) dan drone kamikaze.

Kandang kawat atas turret telah diubah menjadi modul perlindungan yang dapat dilepas dengan cepat.

Tank ini juga dilengkapi sistem gangguan elektronik antidrone Volnorez, lengkap dengan dua antena omnidirection.

Antena ini berbasis magnet, memungkinkan pemasangan tanpa modifikasi struktural dan memungkinkan melawan drone secara efektif dalam radius 600-1000 m.

T-80BVM Model 2023 juga dilengkapi dengan pembidik pencitraan termal 1PN96MT, menawarkan kemampuan akuisisi target yang lebih unggul dibandingkan dengan pembidik Sosny-U sebelumnya.

Peningkatan yang menarik lainnya adalah pada kecepatan mundur tank hingga lebih dari 20 km/jam, sebuah lompatan signifikan dari 11 km/jam sebelumnya.

Spesifikasi di balik peningkatan kecepatan ini masih dirahasiakan tetapi kemungkinan melibatkan modifikasi transmisi yang dirahasiakan.

Selain itu, T-80BVM Model 2023 memiliki sistem pengendalian tembakan canggih yang meningkatkan ketepatan penargetan, memungkinkan keterlibatan target secara efektif selama operasi siang dan malam.

Keluarga tank T-80 ditenagai oleh mesin turbin gas, yang memberikan rasio power to weight yang luar biasa tinggi, yang memperkuat statusnya sebagai salah satu tank tempur utama tercepat di dunia.

T-ank dipersenjatai dengan kanon smoothbore 125 mm 2A46M-4 yang telah ditingkatkan, mampu menembakkan berbagai proyektil, termasuk APFSDS, HEAT, HE-FRAG, dan meluncurkan rudal antitank.

-RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *