Mi-28N Rusia berhasil hancurkan drone kamikaze yang diluncurkan dari Ukraina

Mi-28NIstimewa

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Helikopter serang Mi-28N milik Angkatan Udara Rusia dilaporkan berhasil mencegat dan menembak sebuah drone kamikaze yang tidak dikenali jenisnya. Drone tersebut diluncurkan dari wilayah Ukraina.

Rekaman video yang muncul menunjukkan helikopter Mi-28N tersebut menembak jatuh drone kamikaze yang mencoba menyerang fasilitas militer Rusia di wilayah Oryol, lebih dari 100 mil jauhnya dari perbatasan Ukraina.

Saluran Telegram untuk outlet media Rusia Mash melaporkan bahwa drone tersebut dihancurkan menggunakan semburan dari kanon 30 mm. Target terdeteksi oleh radar dan pencitraan termal helikopter.

Ini merupakan laporan pertama kalinya heli serang Mi-28N berhasil menembak drone selama Operasi Militer Khusus yang di gelar Rusia sejak Februari tahun 2022.

Mi-28N dibekali sebuah kanon Shipunov 2A42 30 mm yang dipasang di dagu heli dan dilengkapi 250 butir peluru. Laras kanon dapat diputar horizontal kurang lebih 110 derajat.

Selain itu, Mi-28N juga dilengkapi berbagai senjata mematikan yang digantung di sayap kecilnya, seperti rudal antitank, tabung roket, hingga rudal udara ke udara jarak dekat.

Selama Operasi Militer Khusus di Ukraina, Mi-28N bersama heli serang Ka-52 miliki AU Rusia telah mengambil peranan penting dalam operasi tempur menghadapi pasukan darat Ukraina.

-RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *