Angkatan Dirgantara Rusia menerima pesawat Il-76MD-90A baru kelima pada tahun 2023

Il-76MD-90AUAC

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Angkatan Dirgantara Rusia (VKS) pada 21 Desember 2023 telah menerima tamhanan satu unit pesawat angkut militer Il-76MD-90A baru dari PJSC United Aircraft Corporation (UAC) melalui Kementerian Pertahanan Rusia.

Pesawat angkut IL-76MD-90A kelima dibangun pada tahun 2023 di PJSC Il – Aviastar cabang Ulyanovsk, anak perusahaan PJSC UAC, bagian dari Rostec State Corporation.

“Pesawat lain di bawah program tahun ini sedang dalam tahap akhir pengujian pabrik. Kami akan memenuhi kewajiban kami untuk memasok transporter militer ke Kementerian Pertahanan Rusia pada waktu yang tepat,” kata Daniil Brenerman, Direktur Pelaksana PJSC Aviastar.

Il. – Cabang PJSC IL Aviastar terus meningkatkan laju produksi dan output. Kami berencana untuk meningkatkan seri ini lebih lanjut. Cadangan produksi untuk tahun depan sudah dibuat.”

Sebelumnya, pada 30 Mei 2023, pesawat Il-76MD-90A pertama yang diproduksi di Ulyanovsk tahun ini telah diserahkan kepada VKS.

Il-76MD-90A adalah versi modern dari pesawat Il-76MD dan dibuat dari komponen dalam negeri.

Pesawat memiliki beberapa peningkatan dibandingkan pendahulunya. Mesin yang digunakan adalah mesin turbofan Aviadvigatel PS-90A-76 yang lebih bertenaga.

Mesin ini memberikan efisiensi bahan bakar lebih baik, jangkauan yang lebih luas, memenuhi standar lingkungan modern, dan mengurangi jejak karbon pesawat.

Sistem avionik dan navigasi pesawat juga telah ditingkatkan untuk memenuhi standar modern, sehingga meningkatkan keandalan dan keselamatan selama pengoperasian.

Selain itu, pesawat dilengkapi dengan sistem kontrol penerbangan yang ditingkatkan untuk penanganan dan kemampuan manuver yang lebih baik.

Il-76MD-90A memiliki jangkauan sekitar 5.000 km. Pesawat dapat beroperasi dari berbagai lapangan terbang, termasuk landasan pacu yang tidak beraspal, sehingga memungkinkannya mencapai lokasi terpencil dan sulit.

-JDN-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *