India menunjukkan minat pada pesawat angkut militer Il-76MD-90A

Il-76MD-90APinterest

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – India telah menunjukkan minat pada pesawat angkut militer Il-76MD-90A. Ini adalah pesawat baru hasil peningkatan dari Il-76 yang dibuat Rusia.

CEO Rosoboronexport Alexander Mikheyev mengatakan hal itu di sela ajang Aero India 2023 yang dilaksanakan di Yelahanka Air Force Station, Bengaluru, India pada hari Rabu.

“Il-76MD-90A merupakan kelanjutan dari pesawat angkut Il-76 dan sebenarnya ini merupakan pesawat baru. Pesawat menggunakan mesin baru, sayap yang lebih baik, kokpit dalam konsep kaca dan banyak inovasi lain yang membantu meningkatkan karakteristiknya secara signifikan,” ujarnya seperti diberitkan TASS.

Ditambahkan bahwa pada saat ini India dan Rusia sedang mengadakan konsultasi tentang kemungkinan kerja sama mengenai hal itu.

Il-76MD-90A menggunakan mesin PS-90A-76 dengan konsumsi bahan bakar 10% lebih rendah. Pesawat mampu membawa muatan 52 metrik ton untuk jarak tempuh 5.000 km.

Pesawat juga dapat membawa perangkat keras dan persenjataan untuk diangkut dan dijatuhkan dari udara dalam jangkauan yang lebih luas.

Il-76MD-90A menampilkan karakteristik kinerja dasar yang lebih baik dibandingkan dengan pendahulunya.

Secara khusus, pesawat memiliki jangkauan penerbangan yang lebih jauh dan muatan yang lebih besar. Selain itu, navigasi udara dan akurasi penerjunan udara serta komunikasi radio ditingkatkan.

Pameran udara internasional Aero India yang ke-14, yang dibuka tanggal 13 Februari akan berlangsung hingga tanggal 17 Februari. Pertunjukan udara India ini diadakan setiap dua tahun sekali.

Rusia merupakan peserta aktif dalam pameran ini. Tahun ini Rosoboronexport memamerkan lebih dari 200 produk militer Rusia.

-JDN-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *