AS kirimkan sistem rudal pertahanan pantai Harpoon ke Ukraina

Sistem pertahanan rudal pantai HarpoonIstimewa

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Amerika Serikat akan memberikan bantuan militer baru untuk Ukraina sebesar 1 miliar dolar.

Tahap terakhir bantuan keamanan menuju Ukraina diumumkan pada 15 Juni 2022 oleh Menteri Pertahanan Lloyd J. Austin dalam pertemuan ketiga Grup Kontak Pertahanan Ukraina di Brussel.

Dari 1 miliar dolar tersebut, 650 juta dolar-nya berupa USAI (Ukraine Security Assistance Initiative), di dalamnya termasuk dua sistem rudal pertahanan pantai Harpoon, ribuan radio komunikasi, ribuan perangkat night vision, pemandangan termal, dan optik.

Sebelumnya, Army Recognition (25/5) mengabarkan bahwa Denmark juga akan mengirimkan sistem rudal pertahanan pantai Harpoon miliknya ke Ukraina.

Diketahui militer Denmark memiliki sejumlah RGM-84L-4 Harpoon Block II yang diproduksi oleh Boeing, Amerika Serikat.

Sistem rudal pertahanan pantai Harpoon ini menggunakan platform truk dengan empat tabung peluncur yang ditempatkan di belakangnya.

Harpoon Block II ini memiliki fitur otonom, beroperasi di segala cuaca, kemampuan over the horizon dan dapat menjalankan misi serangan target darat dan anti kapal permukaan.

Dibekali hulu ledak seberat 227 kg yang memberikan daya tembak mematikan dengan jangkauan maksimum sekitar 125 km.

Rudal Harpoon untuk Ukriana ini pastinya menjadi ancaman serius buat kapal perang Angkatan Laut Rusia di Laut Hitam, karena masuk dalam jangkauan tembaknya.

-RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published.