AS telah mengirimkan mesin F414 kepada Korea Selatan untuk KF-X

KF-X/IF-XDAPA

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Amerika Serikat, melalui pabrik mesin GE Aviation, telah mengirimkan kelompok pertama mesin F414-GE-400K kepada Korea Aerospace Industries Ltd (KAI). Mesin-mesin ini akan digunakan oleh KAI untuk mentenagai prototipe jet tempur buatan dalam negeri Korea, KF-X.

Pesawat tempur generasi mendatang KF-X, dikembang oleh Seoul untuk Angkatan Udara Korea Selatan (RoKAF).

Dengan menggunakan mesin F414, kata GE Aviation seperti Airspace Review kutip dari siaran berita di laman resminya, maka kemampuan pesawat melaksanakan misi akan meningkat. Radius tempur pesawat akan meningkat dan umur penggunaan pesawat pun lebih lama dibandingkan dengan yang ada sekarang.

“GE sangat senang mencapai tonggak penting dalam program KF-X ini,” kata Al DiLibero, Manajer Umum Departemen Medium Combat & Trainer Engines GE.

Ia menambahkan, kerja sama ini menunjukkan hubungan yang erat antara RoKAF, KAI, dan GE Aviation.

Sebelumnya pada Mei 2016 silam, KAI telah menetapkan GE Aviation sebagai pemasok mesin F414-GE-400K untuk KF-X.

Proyek KF-X senilai 7,4 miliar dolar AS, kata GE Aviation, didesain dan dibangun oleh KAI. Di RoKAF, KF-X akan menggantikan peran armada F-4D/E Phantom II dan F-5E/F Tiger II. Program ini dijadwalkan rampung pada 2026.

GE Aviation akan memasok sedikitnya 15 mesin F414 kepada KAI untuk digunakan sebagai mesin uji terbang untuk mendukung enam prototipe KF-X yang akan mulai dibuat tahun depan.

Uji penerbangan rencananya akan dimulai tahun 2023. RoKAF dicanangkan akan memiliki 120 unit KF-X, sementara GE Aviation akan memasok 240 mesin F414 berikut suku cadangnya.

Untuk diketahui, mesin F414 buatan GE Aviation telah digunakan oleh sejumlah pesawat tempur seperti F/A-18E/F Super Hornet, EA-18G Growler, Saab Gripen E/F, HAL Tejas Mark 2, dan lainnya.

Kerja sama GE Avation dengan Korea Selatan telah berlangsung lama. GE Aviation juga adalah pabrik yang memasok mesin F404 untuk pesawat jet latih/tempur ringan, KAI T/FA-50 Golden Eagle.

Untuk jet tempur F-15K Slam Eagle yang digunakan RoKAF, GE Aviation adalah pemasok mesin F110.

Sementara untuk helikopter KAI Surion, GE Aviation juga adalah pemasok mesin T700 yang digunakan heli tersebut.

Roni Sontani

3 Replies to “AS telah mengirimkan mesin F414 kepada Korea Selatan untuk KF-X”

  1. Hahaha Indonesia gak dianggap kembali gara2 masih nunggak. Dicicil eyy, anggaran udh ditingkatkan masih nunggak aja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *