Pilot Ukraina akan menjalani pelatihan bahasa dan menerbangkan F-16 di AS mulai September 2023

F-16 ANGUSAF
ROE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Amerika Serikat akan memfasilitasi pelatihan Bahasa Inggris dan cara menerbangkan jet tempur F-16 bagi para pilot Ukraina mulai bulan September 2023.

Juru Bicara Utama Pentagon Brigadir Jenderal Pat Ryder kepada para wartawan pada Kamis 24 Agustus mengatakan, pelatihan bahasa untuk pilot Ukraina dilaksanakan di Pangkalan Angkatan Udara Lackland di San Antonio, Texas mulai bulan depan (September 2023).

Selanjutnya pada bulan Oktober akan dilaksanakan pelatihan cara menerbangkan F-16 dan pemeliharaan pesawat ini bagi para teknisi Ukraina.

Pelatihan penerbangan dan pemeliharaan pesawat akan F-16 akan dilaksanakan oleh Wing ke-162 di Pangkalan Garda Nasional Udara Morris di Tucson, Arizona.

Ryder menambahkan, pelatihan akan diikuti oleh beberapa pilot dan puluhan teknisi Ukraina.

“Langkah pertama adalah memastikan bahwa pilot Ukraina cukup fasih berbahasa Inggris untuk berkomunikasi dengan rekan-rekan internasional mereka dan lebih memahami cara mengoperasikan Viper,” ujarnya seperti diwartawak The Drive.

Meskipun beberapa pilot Ukraina memiliki kemampuan bahasa Inggris, lanjut Ryder, pihaknya menandaskan bahwa semua pilot yang datang ke Amerika Serikat akan memerlukan pengajaran Bahasa Inggris tambahan pada tingkat tertentu.

Hal itu mengingat kompleksitas dan spesialisasi Bahasa Inggris yang diperlukan untuk menerbangkan F-16.

Pusat Bahasa Inggris Institut Bahasa Pertahanan di Lackland merupakan pusat utama pengajaran Bahasa Inggris di seluruh Departemen Pertahanan AS.

Para pilot yang direkrut untuk menerbangkan F-16 sebelumnya telah menerbangkan jet tempur MiG-29 atau Su-27 di Angkatan Udara Ukraina.

Pelatihan menerbangkan F-16 akan dilengkapi dengan silabus mengenai pertempuran udara menggunakan jet tempur buatan Lockheed Martin tersebut.

-RNS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *