Mengenal kendaraan lapis baja amfibi XTC-02 buatan Vietnam

XTC-02Ann Quann
ROE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Tak ketinggalan dengan negara di kawasan Asia Tenggara lainnya, Vietnam juga mulai mandiri mengembangkan kendaraan tempur buatan dalam negerinya.

Salah satunya adalah XTC-02 (Xe Tác Chiến 02 atau Kendaraan Tempur 02), sebuah Kendaraan Lapis Baja Angkut Personel (APC) yang dikembangkan oleh Angkatan Darat Vietnam pada tahun 2022.

Airbus_contoh2

Kendaraan berkemampuan amfibi ini dirancang untuk diawaki dua orang yakni komandan dan pengemudi, serta menampung delapan pasukan infanteri bersenjata di kabin belakang.

XTC-02 didesain untuk beroperasi sesuai dengan keadaan lingkungan alam Vietnam yang banyak dilintasi sungai dan delta di garis pantai yang panjang di wilayah selatan.

Sebagai peralatan beladiri dan bertempur, XTC-02 dibekali dengan Remote-Controlled Weapon Station (RCWS) yang dipersenjatai dua senapan mesin kaliber 7,62.

Seain XTC-02, tentara Vietnam juga telah memperkenalkan produk rancangan mereka lainnya yakni truck mounted howitzer PTH-130 berkaliber 130 mm dan kendaraan beroda rantai XCB-01 yang terlihat menyerupai BMP-1.

-RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *