Rusia pasangi sangkar dan pagar pelindung pada setiap kendaraan tempurnya

Kendaraan Tempur Rusia dipasangi pagar pelindung_ Airspace ReviewIstimewa
ROE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Ada pemandangan yang menarik dalam Forum Teknis-Militer Army-2023 kali ini, tampak beragam kendaraan perang yang dipasangi sangkar dan pagar besi pelindung.

Sebenarnya sistem kandang dan pagar pelindung ini sudah diterapkan dalam beberapa kendaraan tempur Rusia yang turun di medan perang Ukraina.

Airbus_contoh2

Solusi darurat ini, terutama sangkar pelindung, dirancang agar kendaraan perang terlindungi dari serangan drone kamikaze atau amunisi berkeliaran.

Di antara kendaraan yang dipamerkan adalah tank seri T-72, T-80, dan T-90 yang dilengkapi dengan sangkar yang kokoh yang ditempelkan pada turret tank.

Bagian atas sangkar adalah campuran dari jaring logam yang mempertahankan visibilitas dari palka tanki saat dibuka dan lainnya berupa atap logam bergelombang.

Sangkar pelindung ini dirancang untuk membelokkan mortir yang dijatuhkan drone FPV atau hantaman langsung drone kamikaze.

Konsep ini serupa dengan lambung berbentuk V yang digunakan oleh kendaraan anti ranjau untuk defleksi.

Selain sangkar pelindung di atap, kendaraan perang juga dipasangi pagar besi tipe slat atau jaring jala baja di bagian samping, depan, dan belakang kendaraan.

Pagar besi tipe slat dan jaring jala baja ini untuk menangkis serangan dari samping baik hantaman drone kamikaze ataupun serangan RPG.

Tak hanya dipasangkan pada tank, sangkar pelindung atap juga dipasangkan pada kendaraan perang lain seperti pelontar roket termobarik TOS-1A, atap MRAP dan truk lapis baja lainnya.

Begitu pula dengan pagar besi dan jaring jala baja juga dipasangkan pada beragam kendaraan perang seperti panser ataupun kendaraan truk lapis baja pengangkut personel/logistik.

Berdasarkan langsung pelajaran dari pengalaman perang, desain ini telah berevolusi dari penambahan improvisasi dilapangkan menjadi sangkar dan pagar pelindung buatan pabrik yang diproduksi secara massal.

Seperti diwartakan Bulgarian Military (15/8), pertunjukan Army-2023 kali ini mencerminkan keinginan Rusia untuk memasarkan inovasi sangkar dan pagar pelindung ini kepada pembeli asing.

-RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *