Rusia siap jual Su-57 ke Aljazair sebagai pelanggan asing pertama

Su-57EROE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Kantor Berita TASS, Selasa (1/8), menginformasikan bahwa Rusia sepakat untuk mengirimkan jet tempur Sukhoi Su-34 dan Su-57 kepada Aljazair hingga tahun 2025.

Sebelumnya direncanakan Rusia akan mengirim enam pertama jet tempur Su-34 pada 2022-2023 ke Aljazair, namun hal itu tertunda dikarenakan sejumlah masalah. Diketahui Aljazair telah menegosiasikan pembelian Su-34 sejak 2019.

Terkait penjualan jet tempur generasi kelima Su-57, disebutkan, salah satu alasan mengapa Aljazair membelinya karena tetangganya Maroko mulai dilengkapi dengan jet-jet tempur canggih Amerika Serikat.

Diketahui, Angkatan Udara Maroko tengah menantikan jet tempur generasi 4,5 F-16V sebanyak 25 unit, menambah kekuatan sebelumnya yakni 23 unit F-16C/D buatan Lockheed Martin.

Ditambahkan, Menteri Pertahanan Rusia, dalam pertemuan dengan Kepala Staf Angkatan Bersenjata Aljazair mengumumkan kesiapan Moskow untuk memulihkan kemampuan militer Aljazair.

Angkatan Udara Aljazair sangat mengandalkan pesawat buatan Rusia, saat ini mereka memiliki 46 unit jet tempur MiG-29, lalu 73 unit Su-30, dan 22 unit jet pembom/serang Su-24.

Apabila penyerahan Su-34 dan Su-57 terealisasi, maka Aljazair akan menjadi pelanggan asing pertama untuk jet yang dijuluki Fullback dan Felon oleh NATO ini.

-RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *