Airbus tawarkan A400M Atlas ke India, akan bersaing dengan C-130J Super Hercules dan C-390 Millenium

Airbus A400MAirbus

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Airbus menawarkan pesawat angkut militer multiperan A400M Atlas kepada India sebagai pesawat angkut medium untuk memperkuat Angkatan Udara India (IAF).

Penawaran ini disampaikan sebagai tanggapan atas Permintaan Informasi (RFI) dari IAF untuk Pesawat Transportasi Medium (MTA) dengan kapasitas angkut 18 hingga 30 ton.

A400M akan bersaing dengan pesawat C-130J Super Hercules dari Lockheed Martin, AS dan Embraer C-390 Millenium dari Brasil.

MTA merupakan proyek untuk mengganti pesawat An-32 buatan Soviet yang jauh lebih kecil kapasitasnya.

“Ya, kami telah menanggapi RFI dan menawarkan A-400. Ini adalah nilai tambah. A-400 membawa dua kali muatan hingga dua kali jangkauan dari pesaing. Itu lebih besar dari yang lain (dalam persaingan),” kata Jean-Brice Dumont, Kepala Sistem Udara Militer Airbus saat berbicara dengan sekelompok kecil jurnalis tamu dari India awal pekan ini seperti diberitakan The Hindu.

Venkat Katkuri, Kepala Pertahanan dan Antariksa Airbus di India mengatakan, kontes tersebut berada di tahap RFI dan mereka telah menyampaikan maksud mereka dengan IAF.

Untuk pertanyaan tentang kemungkinan komponen ‘Buatan India’ sebagai bagian dari kesepakatan potensial di jalur pesawat angkut C-295, Katkuri mengatakan mereka terbuka untuk itu, dan untuk melakukan industrialisasi A400, jika jumlahnya layak.

RFI menyatakan bahwa pengiriman platform dapat dimulai dalam waktu 36 bulan sejak penandatanganan kontrak.

Jumlah spesifik MTA yang dibutuhkan tidak disebutkan. Vendor telah diminta untuk memberikan Rough Order of Magnitude (ROM) biaya pesawat dan peralatan terkait, masing-masing untuk batch 40, 60, dan 80 pesawat.

A400M dapat membawa muatan maksimum 37 ton dan mampu terbang hingga ketinggian 40.000 kaki. Pesawat ini telah mendapatkan 178 pesanan dari 10 negara, dengan buku pesanan hingga tahun 2030.

Selain pesawat An-32 dan Avro, armada angkut IAF terdiri dari pesawat angkut berat Il-76 dan tanker pengisian bahan bakar Il-78 dari Rusia, 12 pesawat angkut strategis C-130J Super Hercules dan 11 C-17 Globemaster dari AS.

-Poetra-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *