Rumania berencana borong 59 K9 Thunder 155 mm SPH dari Korea Selatan

K9 ThunderIstimewa

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Rumania dikabarkan tengah bersiap untuk memulai program pengadaan persenjataan artileri medan jenis SPH (Self-Propelled Howitzer) 155 mm dalam waktu dekat dari Korea Selatan.

Kementerian Pertahanan Nasional Rumania telah meminta persetujuan parlemen untuk memulai berbagai program persenjataan, termasuk proyek artileri medan jenis SPH.

Situs Defense Romania mengungkapkan bahwa Rumania akan memperoleh total sebanyak 59 sistem K9 155 mm, dengan akuisisi awal terdiri dari 18 unit terlebih dahulu.

Disebutkan, Rumania telah melakukan pembicaraan dengan produsen pertahanan Korea Selatan, Hanwha Defense untuk memproduksi beberapa komponen howitzer K9 Thunder di dalam negeri.

Mengenai sistem artileri medan K9 Thunder ini aslinya dirancang oleh Badan Pengembangan Pertahanan Korea Selatan dan Samsung Techwin sedangkan proses manufakturnya kini dilaksanakan oleh Hanwha Defense.

Kendaraan tempur berbobot 47 ton ini digerakkan mesin diesel STX-MTU MT881Ka-500 berdaya 1.000 hp. Kecepatan maksimumnya 67 km/jam dan jangkauan operasional 360 km.

Untuk mengoperasikan K9 Thunder dibutuhkan lima kru yakni komandan, pengemudi, penembak, dan dua prajurit pemuat munisi.

Dipersenjatai dengan senjata utama berupa howitzer 155 mm buatan Hyundai WIA CN98 dengan membawa 48 munisi dan senjata sekunder SMB 12,7 mm.

Diluar Korea Selatan, pengguna K9 saat ini adalah Estonia dengan versi K9EST Kõu, Finlandia K9FIN Moukari, India K9 Vajra-T, lalu Norwegia dengan K9 VIDAR, Polandia K9PL Krab, dan Turkiye T-155 Fırtına I/ll.

Menyusul pengguna baru adalah Australia dengan versi AS9 Huntsman, lalu Mesir K9A1EGY serta Rumania dengan K9R Thunder.

-RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *