Ukraina akan dapatkan tambahan kendaraan tempur M2 Bradley dan panser Stryker dari AS

Bradley dan Stryker untuk Ukraina _ airspace reviewIstimewa
ROE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Departemen Pertahanan Amerika Serikat (DoD) pada 7 Juli mengumumkan akan memberikan bantuan tambahan untuk memenuhi kebutuhan pertahanan Ukraina.

Paket baru ini terdiri dari 32 panser Stryker dan 32 M2 Bradley IFV, termasuk juga amunisi pertahanan udara tambahan, sistem artileri, dan peralatan lainnya.

Dilansir Army Recognition (10/7), hingga saat ini Amerika Serikat telah menyediakan 157 Stryker (per Maret 2023) dan 186 M2 Bradley (per April 2023) ke Ukraina.

Mengenai Stryker, panser ini tersedia dalam versi Pengangkut Pasukan (APC) dan Kendaraan Tempur Infanteri (IFV) yang diproduksi oleh General Dynamics Land Systems-Canada.

Perlindungan balistik Stryker diperkuat dengan pelindung keramik, memberikan ketahanan terhadap tembakan tumbukan munisi kaliber 14,5 mm.

Kendaraan ini ditenagai oleh mesin diesel Caterpillar C7 berkekuatan 350 hp, kecepatan maksimumnya mencapai 97 km/jam.

Mengenai M2 Bradley, peran utamanya adalah memberikan dukungan tembakan langsung kepada pasukan infanteri sambil membawa dan menyebarkan pasukan infanteri.

Bodi kendaraan menawarkan perlindungan menyeluruh terhadap munisi kaliber 14,5 mm hingga 30 mm, tergantung pada variannya.

Selain itu, M2 Bradley dilengkapi dengan armor reaktif eksplosif untuk meningkatkan perlindungan terhadap rudal antitank dan RPG.

Kendaraan dibekali mesin diesel Cummins VTA-903T berdaya 600 hp. Kecepatan maksimumnya 64 km/jam dengan jangkauan operasional sejauh 480 km.

Kehadiran panser Stryker dan ranpur M2 Bradley akan memberi tentara Ukraina peningkatan mobilitas dan perlindungan selama bertempur dengan pasukan Rusia.

-RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *