USAF lakukan uji terbang pertama F-35A dalam konfigurasi TR-3

First Flight F-35A TR-3USAF
ROE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Angkatan Udara AS (USAF) telah melakukan uji terbang perdana pesawat tempur F-35A dalam konfigurasi Technology Refresh 3 (TR-3) terbaru.

Penerbangan dilaksanakan selama 50 menit pada 6 Januari 2022 oleh tim uji pengembangan dari Skadron Uji Penerbangan 461 di Pangkalan Angkatan Udara Edwards, California, Amerika Serikat.

Pesawat yang digunakan adalah F-35A dengan nomor ekor AF-7. Ini adalah pesawat pertama yang dilengkapi dengan upgrade TR-3 baru.

Selama uji terbang, pilot mengoperasikan jet F-35A dengan kecepatan tinggi, mendekati kecepatan suara di atas Gurun Mojave pada ketinggian 35.000 kaki.

Sebelum menerbangkan pesawat, pilot uji yang dikerahkan juga melakukan pemeriksaan fungsional penerbangan untuk menentukan stabilitas sistem dan kelaikan udaranya.

Uji terbang baru menandai awal dari serangkaian uji terbang pengembangan dan operasional yang akan dilakukan sepanjang tahun.

CEO Kantor Program Bersama (JPO) F-35 USAF Letnan Jenderal Mike Schmidt mengatakan, TR-3 adalah pemutakhiran elektronik pemrosesan komputer F-35 yang akan memberi pilot kemampuan yang mereka butuhkan untuk melawan musuh.

Pembaruan TR-3 merupakan langkah untuk mendukung berbagai kemampuan Blok-4 F-35, termasuk peperangan elektronik yang ditingkatkan, senjata presisi jarak jauh, perangkat sensor, fusi data yang ditingkatkan, dan peningkatan interoperabilitas lintas platform.

Semua fitur akan memungkinkan pilot tempur untuk mengidentifikasi, melacak, terlibat, dan melawan musuh udara, darat, dan dunia maya yang muncul.

-Poetra-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *