12 Jet Tempur Mirage 2000-5 dari Qatar diberitakan akan segera dikirim ke Indonesia menggunakan pesawat kargo An-124

Mirage 2000-5 QatarIstimewa

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Sebanyak 12 unit Jet Tempur Mirage 2000-5 dari Qatar akan segera dikirimkan ke Indonesia. Pengiriman merupakan bagian dari penjualan pesawat bersayap delta buatan Dassault ini setelah mendapatkan persetujuan dari Prancis.

Pesawat-pesawat tersebut akan dikirimkan oleh Defense Conseil International (DCI), sebuah perusahaan swasta milik Prancis yang berbasis di Qatatr, menggunakan pesawat kargo Antonov An-124.

Portal Israel Defense melaporkan, kesepakatan antara Qatar dan Indonesia dirancang oleh E-Systems Solutions, sebuah perusahaan berbasis di Dubai.

Mengenai pembiayaan untuk pembelian jet tempur Mirage 2000-5 ini dilakukan oleh sebuah perusahaan Ceko bernama Excalibur International, anak perusahaan senjata Czechoslovak Group (CSG).

Prabowo pastikan Indonesia akan membeli Mirage 2000

Sebelumnya diberitakan, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto berniat untuk mengakuisisi jet tempur Mirage 2000, selain mengakuisisi Rafale dan F-15EX.

Prabowo menyampaikan hal itu saat berpidato di acara Reuni Akbar Purnawirawan Pejuang Indonesia Raya (PPIR) di Jogja Expo Center (JEC), Yogyakarta pada 3 Mei 2023.

“Kita sudah tanda tangan kontrak untuk akuisisi pesawat-pesawat tempur saat ini yang paling canggih yaitu Rafale. Juga untuk mengatasi senggang waktu sampai Rafale siap operasional, kita juga akan akuisisi pesawat-pesawat Mirage 2000. Kemudian kita harapkan juga dalam waktu dekat kita juga bisa selesaikan kontrak akuisisi untuk F-15 untuk angkatan udara kita,” ujar Prabowo saat itu.

-Poetra-

2 Replies to “12 Jet Tempur Mirage 2000-5 dari Qatar diberitakan akan segera dikirim ke Indonesia menggunakan pesawat kargo An-124”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *