Anggota Parlemen AS desak Presiden Biden untuk mengirim rudal jarak jauh ke Ukraina

ATACMSUS Army
ROE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Sekelompok bipartisan anggota parlemen AS telah mendesak Presiden Joe Biden untuk mengirimkan sistem senjata AS yang lebih mumpuni ke Ukraina, termasuk Sistem Rudal Taktis Angkatan Darat (ATACMS).

Dipimpin oleh Anggota Kongres Jason Crow (D-CO-06), koalisi anggota For Country Caucus menulis dalam sebuah surat bahwa Pasukan Rusia telah memindahkan aset utama dari jangkauan rudal HIMARS, sehingga diperlukan rudal dengan kemampuan serangan lebih jauh lagi untuk Ukraina.

Dengan jangkauan 199 mil (320 km), ATACMS dapat menyerang target dengan jarak empat kali lebih jauh daripada HIMARS yang telah dikerahkan Ukraina sejak tahun lalu.

Sebelumnya, Washington telah menolak untuk mengirim rudal permukaan ke permukaan ATACMS – yang dapat diluncurkan dari HIMARS – ke Ukraina karena khawatir Kyiv akan menyerang sasaran di dalam wilayah Rusia sehingga dapat menimbulkjan potensi risiko eskalasi.

Anggota Parlemen mengatakan, Inggris telah mengirimkan rudal jelajah Storm Shadow ke Ukraina, yang juga berpotensi dikerahkan untuk serangan di dalam Rusia.

“Kami didorong bahwa Inggris telah mengirimkan rudal Storm Shadow ke Ukraina dengan jaminan yang dilaporkan dari pejabat Ukraina bahwa mereka hanya akan digunakan untuk menyerang posisi Rusia di wilayah Ukraina,” kata pernyataan dalam surat itu.

“Kami yakin jaminan serupa untuk sistem ini (ATACMS) akan meredakan kekhawatiran potensial terkait eskalasi.”

Koalisi juga mendesak Pemerintah AS untuk memprioritaskan kebutuhan mendesak Ukraina atas keinginan yang dinyatakan pemerintah untuk mempertahankan persediaan AS untuk pertempuran di masa depan.

Selain ATACMS, koalisi bipartisan juga mendesak percepatan pengiriman 31 tank M1A1 Abrams ke Ukraina, yang diharapkan tiba pada akhir tahun.

“Kami sangat mendesak Anda untuk melakukan segala daya Anda untuk mempercepat garis waktu ini, apakah itu melalui Undang-Undang Produksi Pertahanan, kontrak yang dikeluarkan, atau menarik dari stok yang berbeda untuk menyediakan peralatan taktis yang dibutuhkan pasukan Ukraina untuk melakukan serangan balasan mereka,” kata surat itu.

Anggota Parlemen AS juga menyerukan pengiriman sistem pertahanan udara Patriot tambahan, selain yang sudah dikirimkan.

-Poetra-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *