Typhoon Inggris cegat pesawat Rusia dua kali dalam 24 jam

RAF Typhoon cegat pesawat RusiaRAF

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Dalam satu periode 24 jam, jet tempur Typhoon Angkatan Udara Kerajaan Inggris (RAF) dua kali melakukan pencegatan terhadap beberapa pesawat Rusia yang terbang di dekat wilayah udara NATO.

Diberitakan Gov.uk pada Kamis (8/6), jet Eurofighter Typhoon yang berbasis di Pangkalan Udara Amari di Estonia dan Saab Gripen Angkatan Udara Swedia mencegat IL-20 Coot Angkatan Udara Rusia yang dikawal Su-27 Flanker B. Mereka terbang dekat dengan ruang udara NATO dan Swedia.

Disebutkan, pesawat Rusia tersebut tidak mematuhi norma internasional dan gagal berkomunikasi dengan Flight Information Regions (FIR) yang relevan, meskipun mereka tetap berada di wilayah udara internasional dan terbang secara profesional.

Selanjutnya, jet Typhoon RAF kembali melakukan scramble pada Jumat pagi (9/6) untuk mencegat satu An-12 Cub dan satu Ab-72 Coaler yang terbang ke selatan dari daratan Rusia menuju Oblast Kaliningrad.

Di hari yang sama, jet tempur Typhoon RAF ditugaskan kembali untuk mencegat dua Tu-22M Backfire dan dua Su-30SM Flanker H yang mengawalnya. Mereka juga terbang ke selatan dari daratan Rusia di atas Teluk Finlandia dan Laut Baltik.

Pesawat Rusia tersebut dilaporkan sekali lagi tidak mematuhi norma internasional dengan gagal berhubungan secara tepat dengan FIR lokal.

Selanjutnya jet Typhoon RAF yang kemudian bergabung dengan F/A-18 Finlandia, mengawal Tu-22M dan Su-30SM terbang melalui Teluk Finlandia.

-RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *