Kopaska gelar latihan bersama dengan US Naval Special Warfare

KopaskaSindonews

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Pusat Komando Pasukan Katak (Puskopaska) TNI AL melaksanakan latihan bersama dengan US Naval Special Warfare dalam Joint Combined Exchange Training (JCET) Flash Thunder Iron tahun 2023.

Latihan antarpasukan khusus Angkatan Laut dua negara ini merupakan wujud implementasi hubungan bilateral antara Indonesia dengan Amerika Serikat di bidang pertahanan dan merupakan salah satu program kerja TNI AL, tulis Dispenal dalam siarannya.

Komandan Puskopaska TNI AL Laksma TNI Baroyo Eko Basuki membuka Latihan Bersama (Latma) (JCET) Flash Thunder Iron tahun 2023 tersebut di Gedung Aldebaran, Komando Latihan (Kolat) Koarmada 1, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Senin (5/6).

Danpuskopaska menyatakan, melalui latihan bersama ini akan semakin menjaga dan mempererat hubungan kerja sama antara kedua negara. Tujuan dari latihan ini adalah untuk meningkatkan kemampuan serta taktik operasi khusus baik aspek darat maupun laut, khususnya yang berkaitan dengan tugas sebagai pasukan peperangan laut khusus/Naval Special Warfare.

“Latihan JCET Flash Thunder Iron tahun 2023 ini merupakan latihan bersama antara Kopaska TNI AL dan US. NSWG-ONE/SEAL Team Seven yang akan dilaksanakan selama kurang lebih 26 hari di wilayah Jakarta, Bogor dan Kepulauan Seribu”, jelas Laksma TNI Baroyo.

Materi yan dilatihkan meliputi Tactical Casual Care, Small Boat Tactic, Close Quarter Combat, Beach Recon/Over the Beach, Combat Diving Operations/Underwater Navigation, Underwater Demolition, dan Full Mission Profile.

Bertindak selaku Komandan Satgas Latihan adalah Mayor Laut (P) Gigis Windu Triatmoko yang sehari-hari berdinas sebagai Pasops Satkopaska Koarmada I.

Latma JCET Flash Thunder Iron tahun 2023 selaras dengan program prioritas Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali terkait manajemen operasi.

-JDN-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *