Lebih dari 3.500 prajurit Armada Baltik Rusia dengan 40 kapal perang dan 25 pesawat memulai latihan di Wilayah Kaliningrad

Latihan Armada Baltik Rusia di Kaliningrad_1Russian MoD
ROE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Lebih dari 3.500 prajurit Armada Baltik Rusia dengan 40 kapal perang dan 25 pesawat terlibat dalam latihan operasional Armada Baltik yang dimulai di eksklave paling barat Rusia di Wilayah Kaliningrad.

“Sesuai dengan rencana pelatihan Armada Baltik tahun 2023 untuk pusat komando militer, latihan operasional dengan kelompok Armada yang dipimpin oleh Komandan Armada Baltik Wakil Laksamana Vladimir Vorobyov telah dimulai pada 5 Juni hingga 15 Juni di Laut Baltik dan di tempat pelatihan tempur di Wilayah Kaliningrad,” kata Kementerian Pertahanan Rusia pada hari Senin, dikutip TASS.

Boeing_contoh2

Sebanyak 40 kapal perang yang terlibat terdiri dari kapal perang permukaan, kapal pendukung, kapal penjaga, korvet, dan kapal rudal.

Dari unsur udara, dilibatkan pula 25 pesawat dan helikopter. Sementara dari unsur darat dilibatkan 500 unit kendaraan tempur dan perangkat keras khusus.

Kelompok taktis Angkatan Laut Armada Baltik telah berangkat dari pangkalan mereka dan dikerahkan ke daerah yang ditentukan di Laut Baltik untuk menyelesaikan misi pelatihan tempur yang ditugaskan, lanjut Kementerian Pertahanan Rusia.

Latihan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kesiapan Pusat Komando Militer Armada Baltik, meningkatkan interoperabilitas, keterampilan laut para pelaut angkatan laut, keterampilan lapangan pasukan pertahanan pesisir Armada, dan melatih komando dan kontrol pasukan.

Manuver ini juga untuk melatih perlindungan dan mempertahankan jalur laut dan pangkalan Angkatan Laut Armada Baltik, lanjutnya.

Sebelum latihan, Armada Baltik melakukan serangkaian latihan khusus yang mencakup semua jenis dukungan logistik dan menempatkan pasukannya dalam keadaan siaga tinggi.

-JDN-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *