Polandia membeli 800 rudal Hellfire II untuk mempersenjatai helikopter serang barunya AH-64E Apache Guardian

Rudal HellfireUS DoD
ROE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Pemerintah Polandia telah menandatangani kesepakatan untuk membeli 800 rudal Hellfire II yang akan dibawa oleh armada baru helikopter serang, dengan permintaan untuk membeli Boeing AH-64E Apache Guardian yang masih dalam proses.

Kontrak penjualan rudal, yang diproduksi oleh Lockheed Martin ini, ditandatangani oleh Badan Persenjataan kementerian dan Komando Bantuan Keamanan Angkatan Darat Amerika Serikat (USASAC).

Boeing_contoh2

Kesepakatan pembelian bernilai sekitar 150 juta US, menurut pejabat seperti diwartakan Defense News. Pengiriman dijadwalkan akan dimulai tahun ini dan diperpanjang hingga 2029.

Wakil Perdana Menteri dan Menteri Pertahanan Polandia Mariusz Błaszczak mengatakan dalam cuitannya hari Selasa bahwa rudal ini dimaksudkan untuk mempersenjatai helikopter pendukung AW149 dan helikopter serang AH-64E Apache Guardian.

Sebelumnya pada Juli 2022, Pemerintah Polandia menandatangani kesepakatan untuk mengakuisisi 32 heli AW149 yang diproduksi oleh Leonardo Italia.

Pengiriman pesawat dijadwalkan untuk tahun 2023 hingga 2029. Kontrak tersebut mencakup paket logistik, pelatihan, dan simulator.

Kementerian Pertahanan Polandia tahun lalu mengajukan permohonan kepada Pemerintah Amerika Serikat untuk membeli 96 Boeing AH-64E Apache Guardian.

Berdasarkan rencana, helikopter AH-64E akan ditempatkan di Divisi Mekanik ke-18 Militer yang berbasis di Siedlce, sekitar 91 km (56,5 mil) timur Ibu Kota Polandia, Warsawa.

-JDN-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *