Militer Jepang gunakan senapan serbu baru Howa Type 20

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Pada 6 Desember 2019 Kementerian Pertahanan Jepang mengumumkan rencana untuk mengadakan senapan serbu baru sebagai pengganti Howa Type 89.

Senapan ini memang sudah layak untuk diganti. Sebab, sudah digunakan oleh militer Jepang sejak 1990 yang artinya telah berusia 30 tahun.

Keinginan tersebut kini telah terwujud dengan hadirnya senapan serbu Type 20 yang juga dibuat oleh Howa. Senapan ini diperkenalkan kepada media lokal pada 18 Mei 2020.  

Dibandingkan dengan pendahulunya, Howa Type 20 dirancang untuk lebih tahan terhadap air dan korosi, sehingga meningkatkan penggunaannya dalam operasi amfibi.

Howa Type 20 menggunakan munisi kaliber 5,56 mm dan magasen standar NATO. Senapan ini memiliki panjang 78 cm dan berat 3,5 kg.

Layaknya senapan serbu modern, Howa Type 20 mengadopsi popor lipat dan panjangnya bisa disesuaikan dengan kenyamanan lengan pengguna.

Howa Type 20
Asahi Shimbun

Type 20 dilengkapi pula dengan rail picatinny di bagian atas receiver. Kemudian rel tambahan dipasang di setiap sisi bagian depan senjata dan di bawah laras.

Mengutip Army Recontion, satu unit senapan ini berharga sekitar 280.000 yen atau 2.606 dolar AS. 

Dilaporkan, Kementerian Pertahanan Jepang akan menghabiskan sekitar 900 juta yen untuk membeli 3.000 pucuk senjata pada tahun fiskal 2020. Pasukan Bela Diri Darat Jepang (JGSDF) akan menerima senapan ini mulai tahun depan.

Rangga Baswara Sawiyya

editor: ron

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *