Si Kucing Liar lepaskan rudal Martlet

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Helikopter patroli maritim Angkatan Laut Kerajaan Inggris (RN) Wildcat HMA2 (AW159 Wildcat) buatan Leonardo Helicopters telah berhasil melaksanakan uji penembakan rudal Martlet.

Rudal ringan udara ke darat buatan Thales UK ini diuji coba oleh Wildcat pada 27 April – 21 Mei 2020 di pantai West Wales.

Rudal Martlet dijadwalkan akan mulai digunakan oleh RN pada akhir tahun ini.

RN mengatakan puas dengan hasil uji coba penembakan yang telah dilakukan. Dikatakan, kapabilitas Wildcat HM2 menembakkan Martlet meningkatkan kekuatan armada helikopter yang akan beroperasi di kapal induk HMS Queen Elizabth tahun depan ini.

Rudal Martlet memiliki bobot 13 kg. Jarak jangkau tembakannya mencapai 9 km. Rudal dengan pemandu laser ini dapat mecapai kecepatan Mach 1,5 hanya dalam waktu 0,3 detik sejak dilepaskan.

Wildcat
Royal Navy

Wildcat HM2 dapat membawa empat peluncur rudal Martlet, terbagi dua di masing-masing sayap. Total rudal Martlet yang dapat dibawa mencapai 20 unit.

Persenjataan pada Wildcat bisa juga dibuat kombinasi, yaitu 10 rudal Martlet dengan sepasang rudal anti-kapal Sea Venom buatan MBDA.

Leonardo mengatakan, peluncuran rudal Martlet dari Wildcat HM2 menunjukkan bahwa integrasi sensor maupun sistem avionik pada helikopter memberikan hasil yang baik.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *