Penampilan garang A-10 Thunderbolt II Wing Tempur 122 “Ular Hitam”

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Dalam beberapa tahun terakhir, sejumlah pesawat serang Fiarchild Republic A-10 Thunderbolt II milik USAF mendapatkan corak berbeda. Mulai dari kamuflase Perang Dunia II, Perang Vietnam, dan yang satu ini bercorak ular hitam.

Pemberian warna ini membuat tampilan A-10 terlihat lebih garang.

Di bagian muka terlihat dua mata ular berwarna hijau serta gigi taringnya yang tajam di sekitar kanon putar GAU-8/A Avenger kaliber 30 mm. Terlihat pula juluran lidah ular dengan warna merah.

Bukan tanpa tujuan, pemberian corak ini adalah untuk memperingati 100 tahun penerbangan di Garda Nasional Udara Indiana.

Pesawat ini berasal dari Wing Tempur ke-122 Indiana Air National Guard dengan julukan “Blacksnakes”. Seperti diberitakan The Drive, pengecatan dilaksanakan di fasilitas ANG di Kota Sioux, Iowa.

Skema corak ular pada A-10 menggunakan paduan warna hitam dan abu-abu gelap.

Sementara itu pada bagian ekor sebelah kiri terlihat terlihat tulisan “Fort Wayne” berwarna kuning dengan latar belakang biru dan kode negara bagian Indiana.

Sedangkan di ekor sebelah kanan terlihat gambar bendera kotak-kotak untuk balapan dengan tulisan “Terre Haute”.

Tulisan 100 terdapat pada bagian mesin kembar dengan tulisan Indiana Air National Guard dan angka 1921-2021.

A-10 Thunderbolt II_Indiana ANG

Sebelumnya, corak ular pada moncong A-10 dari Wing Tempur ke-122 ini sudah ada, namun warna dasar yang digunakan dominan abu-abu saja dan sedikit warna hitam.

Pesawat dengan registras AF 80244 ini merupakan produksi tahun 1980.

RNS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *