PTDI kirimkan pesawat NC212i ke-10 ke Thailand

NC212iPTDI
ROE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – PT Dirgantara Indonesia (PTDI) baru saja melakukan ferry flight satu unit pesawat NC212i untuk Department of Royal Rainmaking and Agricultural Aviation (DRRAA) Thailand.

Pesawat dengan nomor ekor AX-2131 ini diberangkatkan dari Hanggar Delivery Center PTDI, Bandung pada 29 Mei 2023, menuju Nakhon Sawan Air Base, Muang, Nakhon Sawan, Thailand, yang direncanakan akan tiba pada 31 Mei 2023.

Pesawat diterbangkan oleh Pilot Uji PTDI Captain Esther Gayatri Saleh sebagai Pilot In Command dan Captain M. Iqbal Sayid sebagai kopilot.

Dari Bandung pesawat NC212i tersebut lepas landas dari Bandara Husein Sastranegara, Bandung menuju Bandara Sultan Syarif Qasim, Pekanbaru, Riau.

Lalu pesawat diterbangkan lagi menuju Bandara Internasional Hat Yai, Thailand bagian selatan di dekat perbatasan Malaysia dan dilanjutkan ke Nakhon Sawan Air Base, Muang, Nakhon Sawan, Thailand sebagai destinasi terakhir.

Setelah sampai di Thailand kemudian akan dilaksanakan Flight Acceptance di Thailand pada tanggal 1 Juni 2023.

Pesawat NC212i dengan konfigurasi Troop Transport yang dikirimkan hari ini, nantinya akan diubah oleh DRRAA Thailand menjadi konfigurasi Rain Making untuk melaksanakan modifikasi cuaca.

Mengenai penandatanganan kontrak pengadaan satu unit NC212i ini, telah dilaksanakan pada tanggal 26 November 2020 antara PTDI dengan A.I.C.E. Enterprises (Thai) Co., Ltd. untuk pengguna akhir DRRAA Thailand.

Sebagai tambahan informasi, pesawat yang dikirim ini merupakan NC212 ke-10 yang dikirimkan oleh PTDI untuk DRRAA Thailand.

Pada kesempatan seremoni penerbangan ferry flight NC212 ke Thailand ini, Direktur Utama PTDI Gita Amperiawan mengungkapkan pula bahwa PTDI baru saja memperoleh kontrak ekspor lainnya untuk pesawat NC212i sebanyak enam unit dari DND Philippines (Kementerian Pertahanan Filipina).

Pesawat NC212i merupakan pesawat angkut ringan serbaguna dengan sistem avionik modern full glass cockpit dan autopilot yang dilengkapi dengan winglet, ramp door, dan memiliki ukuran kabin yang luas dibandingkan pesawat sekelasnya.

Sejak tahun 2014 PTDI merupakan satu-satunya industri manufaktur pesawat terbang di dunia yang memproduksi pesawat NC212i.

Hingga saat ini terhitung sebanyak 122 unit pesawat NC212 series yang telah diproduksi dan dikirimkan PTDI ke berbagai pelanggan, baik di dalam maupun di luar negeri, dari total sebanyak 606 unit populasi pesawat NC212 series di dunia.

-RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *