Rudal Jelajah Taurus akan jadi kado berikutnya dari Jerman ke Ukraina

Taurus KEPD 350Bernhard Huber
ROE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Setelah Inggris mendonasikan Rudal Jelajah Storm Shadow dan Prancis akan menyumbangkan rudal yang sama SCALP-EG, kini Jerman diberitakan akan ikut serta mentransfer Rudal Jelajah jarak jauh Taurus KEPD 350 kepada Ukraina.

Pengiriman rudal canggih ini disebut untuk memperkuat Angkatan Udara Ukraina agar memiliki persenjataan modern guna melawan Rusia.

Rudal jelajah Taurus memiliki kemampuan yang sangat mirip dengan Storm Shadow dan SCALP-EG. Senjata ini dirancang sebagai senjata lain untuk menyerang jauh di belakang garis musuh.

Pihak Jerman mengatakan, Taurus dapat dengan cepat diintegrasikan di Angkatan Udara Ukraina, seperti halnya rudal Storm Shadow dengan pesawat Su-24 Fencer.

Menurut laporan, Militer Jerman memiliki kurang lebih 600 rudal Taurus dan sekitar 150 disimpan dalam kesiapan operasional pada waktu tertentu.

Masing-masing rudal itu berharga sekitar 1 juta USD pada 10 tahun yang lalu.

IDS Tornado adalah pesawat Angkatan Udara Jerman yang dilengkapi dengan rudal ini.

Berikutnya, Eurofighter Typhoon akan dimodifikasi untuk membawa rudal ini dan selanjutnya pada 2030 perannya akan digantikan oleh jet siluman F-35A.

-JDN-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *