Dilengkapi Kecerdasan Buatan, S-350 Vityaz hancurkan target balistik dan aerodinamis

S-350 Vityaz_1ROE
ROE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Sistem Rudal Permukaan ke Udara (SAM) S-350 Vityaz Rusia berhasil menembak jatuh pesawat Ukraina di Zona Operasi Khusus dalam mode otomatis penuh tanpa partisipasi operator, Sputnik melaporkan (25/6).

SAM Rusia yang cerdas itu dilengkapi dengan Kecerdasan Buatan (AI) untuk menghantam pesawat target udara seperti pesawat tempur, rudal, hingga drone.

Boeing_contoh2

S-350 Vityaz mulai dioperasikan oleh Angkatan Bersenjata Rusia pada tahun 2019.

“Umtuk pertama kalinya di dunia, Vityaz melakukan deteksi, pelacakan, dan penghancuran target udara Ukraina secara otomatis dalam pertempuran. Rudal permukaan-ke-udara ini menjatuhkan beberapa pesawat tempur Ukraina dan kendaraan udara tak berawak,” ujar sumber yang tidak disebutkan namanya tersebut.

Ditambahkan bahwa mode otomatis diterapkan berdasarkan prinsip bahwa seseorang tidak membatalkan keputusan elemen kecerdasan buatan SAM dalam kerangka situasi pertempuran udara yang muncul. Dengan kata lain, operator tidak ikut campur dalam menjalankan sistem. Sistem tersebut mengonfirmasi algoritma operasi yang dipilih oleh mesin.

Vityaz secara secara bersamaan dapat bekerja dalam mode radar aktif dan pasif. Hal ini meningkatkan kekebalan jamming SAM, serta kemampuannya untuk mendeteksi dan mengklasifikasikan target.

S-350 Vityaz memiliki jangkauan maksimum hingga 120 km (75 mil) dan dapat melibatkan hingga 16 target pada ketinggian 30 km (18,5 mil).

-JDN-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *